Dian Santoso Prayoga, 100411367 (2008) ANALISIS PELAKSANAAN PROMOSI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA JEMURSARI BERDASARKAN KONSEP AIDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-prayogadia-13351-fkm173-k.pdf Download (92kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-prayogadia-11523-fkm173-a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya rata-rata bed occupacy rate (BOR) 36,8% per 2004 sampai dengan 2007 dibawah target (75%-85%) yang ditetapkan. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan promosi Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari berdasarkan konsep AIDA (attention, interst, desire, action). Sedangkan tujuan khususnya adalah mengidentifikasi promosi yang dilakukan oleh Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari, mengidentifikasi karakteristik responden yang meliputi usia, jenis kelamin, pendidikan terakhir, pekerjaan, tingkat pendapatan, dan sumber informasi, menganalisis penilaian responden terhadap promosi yang dilakukan Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari, Menganalisis tahapan attention, interst, desire, action (AIDA) pelanggan eksternal Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari. Penelitian ini menggunakan pendekatan observational yang bersifat deskriftif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian masyarakat yang berkunjung ke puskesmas dalam radius 3 km dari rumah sakit. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling pada bulan mei sampai dengan juni 2008. Hasil penelitian ini promosi yang dilakukan Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari adalah personal selling, promosi penjualan,dan public relation. Sebagian besar responden adalah 36-40 tahun, laki-laki, pendidikan SMA, pegawai swasta dengan penghasilan 1 juta- 3 juta, sumber informasi tentang adanya Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari adalah neon box. Penilaian responden tentang promosi Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari adalah komunikatif cara penyampaiannya, jelas isi informasinya, dan lengkap isi informasinya. Sumber informasi yang bisa menyebabkan responden action terbanyak adalah sumber informasi 37,2% dari orang lain (dari mulut ke mulut). Ada 36,1% responden dengan sempurna melalui tahapan attention, interst, desire, action (AIDA) terhadap Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah responden yang melalui tahap tahapan attention, interst, desire, action (AIDA) terhadap Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari dengan sumber informasi terbesar adalah informasi dari mulut ke mulut. Kata kunci : Promosi, pelanggan eksternal, konsep AIDA
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FKM 173/08 Pra a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | MARKETING OF HEALTH SERVICES | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce | ||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tn Fariddio Caesar | ||||||
Date Deposited: | 20 Sep 2010 12:00 | ||||||
Last Modified: | 04 Oct 2016 02:53 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24179 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |