RATNA DEWI, 1002111931 (2006) ANALISIS KEBUTUHAN DAN HARAPAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN GENERAL CHECK UP DITINJAU DARI ASPEK BAURAN PEMASARAN (7P) SERTA ANALISIS TRATEGI PEMASARAN : Studi di PT. Petro Graha Medika Rumah Sakit Petrokimia Gresik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-dewiratna-2627-fkm182_-k.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text (FULL TEXT)
24303.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pada tahun 2002-2004 terjadi penurunan jumlah kunjungan untuk pelayanan General Check Up di Rumah Sakit Petrokimia Gresik (RSPG) sebesar 39,4 %. Penelitian ini merupakan cross sectional study yang mempelajari upaya pemasaran General Check Up yang meliputi segmentation, targeting, dan positioning serta kebutuhan dan harapan konsumen ditinjau dari aspek bauran pemasaran (7P) yaitu produk, harga, tempat, promosi, tenaga, fasilitas dan proses di RSPG. Populasi penelitian adalah 11 perusahaan yang menggunakan pelayanan General Check Up dan tenaga pemasaran di RSPG. Segmentasi pasar di RSPG adalah masyarakat umum dan perusahaan (industri) dengan target pasar yaitu Kecamatan Kebomas, Kecamatan Randu Agung, Kecamatan Manyar dan Kecamatan Gresik dengan produk diposisikan lama. Kebutuhan perusahaan untuk jenis produk dan harga sudah sesuai serta harga yang bisa mengikuti budget perusahaan, ruang pemeriksaan terpisah dengan ruang pemeriksaan General Check Up yang lain, dengan media promosi seperti brosur, leaflet dan internet, tenaga dokter dapat mempresentasikan hasil serta memberikan feed back dan saran kepada karyawan dan juga manajemen, fasilitas ruangan yang nyaman, pengaturan waktu pelaksanaan agar tidak berbenturan dengan jadwal dari perusahaan lain. Harapan perusahaan terhadap pelayanan General Check Up di RSPG untuk jenis produk dapat mengetahui penyakit secara dini, dengan harga yang murah agar bisa menghemat keuangan perusahaan, tempat pelaksanaan General Check Up dilaksanakan di perusahaan, mengharapkan promosi yang lebih menarik, tenaga dokter dapat mendiagnosa secara tepat dan akurat, fasilitas yang ada mampu memberikan hasil yang akurat dan juga pihak RSPG dapat mengatur waktu pelaksanaan pelayanan General Check Up.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FKM.182/06 Dew a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | MARKETING MANAGEMENT; CONSUMER BEHAVIOR | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc. H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products |
||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Shela Erlangga Putri | ||||||
Date Deposited: | 16 Oct 2006 12:00 | ||||||
Last Modified: | 06 Jun 2017 18:38 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24303 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |