EKO WAHYULIANTO, 100311133 (2007) ANALISIS PENILAIAN DAN HARAPAN BERDASARKAN DIMENSI DABHOLKAR DENGAN PROFILE CHART : Studi di Rawat Inap RSI Jemursari Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-wahyuliant-8385-fkm159_-k.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text (FULL TEXT)
24313.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pencapaian BOR RSI Jemursari Surabaya 41.73% pada tahun 2006 yang mana BOR tersebut masih dibawah target (65%-85%) dan standar yang telah ditetapkan (75%-85%). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis harapan dan penilaian pasien terhadap kualitas pelayanan berdasarkan model Dabholkar serta mengetahui kinerja dengan profile chart yang dapat dijadikan bahan informasi untuk meningkatkan pemanfaatan instalasi rawat map (BOR) RSI Jemursari Surabaya. Dimensi Dabholkar terdiri dari lima aspek yaitu aspek fisik, reliabilitas, interaksi personal, pemecahan masalah, dan aspek kebijakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan observational yang bersifat deskriptif dan menggunakan metode surve yang dilakukan bulan Jum 2007. Karakteristik responden yang memanfaatkan rawat inap di RSI Jemursari Surabaya sebagian besar adalah laki-laki, beragama islam, pendidikan terakhir SLTA, pegawai swasta yang berpenghasilan I juta-3 juta. Aspek fisik dimensi Dabholkar yang memiliki service gap tertinggi adalah indikator penyediaan tempat parkir dan penampilan makanan minuman untuk pasien rawat map. Aspek reliabilitas yang memiliki nilai service gap tertinggi adalah indikator kesegeraan datang perawat saat dibutuhkan dan kemudahan mencari dokter. Aspek interaksi personal indikator perawat memperkenalkan din' pada pasien baru dan kesediaan komunikasi petugas radiologi dalam bertugas. Aspek pemecahan masalah dan aspek kebijakan tidak ada service gap yang begitu bermasalah karena mean penilaian setiap indikatornya lebih dari 3. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada beberapa aspek dalam dimensi Dabholkar yang harus diperhatikan yaitu aspek fisik dan aspek intraksi personal,. karena pelayanan yang diberikan pada aspek tersebut masih jauh dari apa yang menjadi harapan pasien dan kedua aspek tersebut termasuk kelemahan yang mempengaruhi kepuasan pasien. Tetapi ada sebagian besar pelayanan di rawat map RSI Jemursari Surabaya sudah memuaskan pasien sehingga pelayanan tersebut perlu dipertahankan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FKM 159/07 Wah a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Penilaian, Harapan, service gap, Dimensi Dabholkar | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics > HA1-4737 Statistics R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA407-409.5 Health status indicators. Medical statistics and surveys R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics |
||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kesehatan Masyarakat | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Anisa Septiyo Ningtias | ||||||
Date Deposited: | 04 Dec 2008 12:00 | ||||||
Last Modified: | 06 Jun 2017 20:38 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24313 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |