ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM KESELAMATAN PASIEN (PATIENT SAFETI) DI RUMAH SAKIT "X" : Studi di Salah Satu Rumah Sakit Surabaya)

LULUK UL MACHMUDAH, 100311158 (2007) ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM KESELAMATAN PASIEN (PATIENT SAFETI) DI RUMAH SAKIT "X" : Studi di Salah Satu Rumah Sakit Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-machmudahl-8508-fkm172_-k.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24325.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah sakit sebagai center of excellence dalam pelayanannya berfokus pada kepuasan pelanggan, dimana pelayanan yang terbag dan aman bagi pelanggan menjadi prioritas utama dalam setiap tindakan yang diambil. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan berdasarkan waktunya, penelitian ini termasuk penelitian crossectional. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara pelaksanaan program patient safety yang terdapat di rumah sakit "X" dengan standar panduan nasional keselamatan pasien (patient safety) yang dibuat oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia (Depkes RI) tahun 2006. Sumber informasi dari penelitian ini berjumlah 30 orang responden yang terdiri dari: kepala komite program patient safety, dokter penanggung jawab pelayanan, perawat, petugas radiologi dan petugas laboratorium patologi anatomi yang terbagi dalam 2 kelompok Kelompok pertama terdiri dari perawat, petugas radiologi dan petugas laboratorium patologi anatomi untuk mengidentifikasi variabel tingkat pengetahuan petugas, upaya pemenuhan hak pasien, upaya mendidik pasien dan keluarganya dan upaya mewujudkan keselamatan pasien dan kesinambungan pelayanan. Kelompok kedua terdiri dari kepala komite patient safety dan dokter penanggung jawab pelayanan untuk mengidentifikasi variabel penggunaan metoda peningkatan kinerja untuk melakukan evahiasi dan program pemngkatan keselamatan pasien, peran kepemimpman dalam meningkatkan keselamatan pasien, upaya mendidik staf tentang keselamatan pasien dan kelancaran komunikasi untuk mencapai kesela ratan pasien. Penelitian ini dilakukan pads bulan Juni-Juli 2007. Data mengenai tingkat pengetahuan petugas tentang pelaksanaan program patient safety, diperoleh dengan wawancara menggunakan alat bantu berupa kuesioner. Sedangkan. data mengenai kesesuaian pelaksanaan program patient safety di rumah sakit "X" terhadap standar "panduan nasional keselamatan pasien (patient safety)" dalam Depkes RI tahun 2006, diperoleh dengan wawancara menggunakan alat bantu berupa kuesioner dan panduan indepth interview serta dianalisa kembali (crosscheck) dengan data-data yang ada. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tingkat pengetahuan petugas tentang pelaksanaan program patient safety tergolong tinggi, sedangkan kesesuaian pelaksanaan program dengan standar "panduan nasional keselamatan pasien (patient safety)" yang terdapat dalam Depkes RI tahun 2006 sebagian besar sudah sesuai. Namun pads upaya mendidik staf tentang keselamatan pasien diperlukan adanya tambahan kegiatan berupa pelatihan tentang kerjasama kelompok (team work) untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan petugas dalam meugliadapi berbagai insiden, sehingga resiko kejadian yang tidak diharapkan dalam mengambil setiap tindakan atau pelayanan medik dapat diminimalkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 172/07 Mac a
Uncontrolled Keywords: Patient .safety, rumah sakit, kejadian tidak diharapkan, kejadian nyaris cedera
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3661-3674 Public safety
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
LULUK UL MACHMUDAH, 100311158UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErnawaty, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 05 Dec 2008 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 20:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24325
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item