Pengaruh Pemberian Probiotik Terhadap Pertumbuhan dan Tingkat Kelangsungan Hidup Benih Udang Windu (Penaeus monodon Fabricius)

Albait Lau Dzikrillah, 080610329 (2011) Pengaruh Pemberian Probiotik Terhadap Pertumbuhan dan Tingkat Kelangsungan Hidup Benih Udang Windu (Penaeus monodon Fabricius). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
221.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-dzikrillah-12541-mbp22-1-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik terhadap pertumbuhan dan tingkat kelangsungan hidup benih udang windu (Penaeus monodon Fabricius). Penelitian ini menggunakan benih udang windu (P. monodon) fase PL 25. Benih Terdapat 4 kelompok perlakuan berdasarkan konsentrasi probiotik yang ditambahkan ke dalam akuarium, yaitu kelompok kontrol atau tanpa penambahan probiotik (0%), kelompok dengan konsentrasi probiotik 1%, konsentrasi probiotik 5%, dan konsentrasi probiotik 10%. Tiap kelompok terdiri atas 10 ekor benih udang windu. Data yang diperoleh diuji secara statistik dengan menggunakan statistik non parametrik Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan pemberian probiotik dengan konsentrasi berbeda memberikan pengeruh terhadap pertambahan panjang benih udang windu, konsentrasi 5% memberikan hasil yang terbaik (1,33 cm). Tidak ada pengaruh pemberian probiotik terhadap pertambahan berat benih udang windu, akan tetapi konsentrasi 1% memberikan nilai yang terbaik (81,4 mg) dibandingkan dengan konsentrasi lainnya mapun dengan kontrol. Pemberian probiotik dengan konsentrasi 5% memberikan nilai yang terbaik (66,67%) terhadap tingkat kelangsungan hidup benih udang windu. Berdasarkan penelitian ini, pemberian probiotik dengan konsentrasi berbeda memberikan pengaruh terhadap pertambahan panjang dan tingkat kelengsungan hidup benih udang windu. Akan tetapi, pemberian probiotik ini tidak memberikan pengaruh terhadap pertambahan berat benih udang windu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 MBP 22/10 Dzi p
Uncontrolled Keywords: POST LARVAE PENAEUS MONODON FABRICUS
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Albait Lau Dzikrillah, 080610329UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Ir. Tini Surtiningsih,, DEAUNSPECIFIED
Thesis advisorDr. Bambang Irawan,, M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 22 Feb 2011 12:00
Last Modified: 05 Oct 2016 06:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24439
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item