Penggunaan Algoritma Jaringan Syaraf Tiruan Self Organizing map (SOM) Untuk Mendeteksi kanker Payudara Berdasarkan Hasil Mammografi

Ardya Fitri Winarni, 080 610 1 66 (2011) Penggunaan Algoritma Jaringan Syaraf Tiruan Self Organizing map (SOM) Untuk Mendeteksi kanker Payudara Berdasarkan Hasil Mammografi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
11.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24510.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Deteksi kanker payudara merupakan salah satu bidang dalam ilmu komputer yang dapat membantu dokter dalam proses pendeteksian kanker payudara. Salah satu teknik pendeteksian kanker payudara adalah dengan menggunakan jaringan saraf tiruan Self Organizing Maps (SOM). Metode SOM menghasilkan ‘peta topologis’ dari data, dimana data yang ‘mirip’ memiliki letak topologi yang jaraknya berdekatan. SOM merupakan suatu penerapan dari neural network yang menggunakan multi input dan multi output. Skripsi ini bertujuan untuk menerapkan jaringan saraf tiruan pada deteksi kanker payudara dan membuat program yang mensimulasikan metode ini menggunakan software Visual Basic 6.0 dengan sistem operasi yang mendukung. Data yang digunakan berupa foto hasil mammografi berukuran 200320 piksel yang telah dirubah menjadi numerik dengan proses pengolahan citra. Langkah-langkah yang dilakukan pada pengolahan citra antara lain proses grayscale, thresholding, equalisasi, dan segmentasi. Dari proses pengolahan citra diperoleh numerik berupa matriks berukuran 4064, kemudian dengan proses normalisasi matriks tersebut dirubah menjadi vektor berukuran 25601 untuk setiap gambar. Pelatihan jaringan menggunakan data sebanyak 32 gambar kanker dengan skalar adaptasi 1 dan pengontrol lebar tetangga sebesar 1, iterasi berhenti pada epoch ke-120. Hasil validasi untuk 10 image, diperoleh prosentase kevalidan sebesar 70%. Kata kunci : deteksi kanker payudara, jaringan saraf tiruan, self organizing map.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.10/11 Win p
Uncontrolled Keywords: SELF ORGANIZING MAPS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
Ardya Fitri Winarni, 080 610 1 66UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAuli Damayanti, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorNur Chamidah,, S.Si, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 15 Sep 2011 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 20:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24510
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item