Perencanaan Arsitektur Data Bidang Pertanian dan Kehutanan di Dinas Pertanian Kota Surabaya

Prita Dellia, 080810718 (2013) Perencanaan Arsitektur Data Bidang Pertanian dan Kehutanan di Dinas Pertanian Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-delliaprit-23680-7.ABSTRAK.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24567-SK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dinas Pertanian Kota Surabaya mempunyai visi sebagai inovator di bidang kelautan, perikanan, kehutanan dan pertanian. Tujuan pencapaian visi itu dengan meningkatkan ketahanan pangan serta konservasi hutan kota dan mangrove. Bidang Pertanian dan Kehutanan memiliki peranan penting dalam mewujudkan tujuan tersebut. Perwujudan dapat dilakukan dengan meningkatkan produktivitas kerja pelayanan data dan informasi pertanian. Penggunaan Microsoft Excel pada sistem pengelolaan data saat ini dapat menimbulkan masalah dalam pengarsipan data dan memperoleh informasi secara cepat, tepat dan konsisten sehingga perlu perbaikan sistem untuk mengatasi masalah tersebut. Perbaikan sistem dapat dilakukan dengan membuat Enterprise Architecture Planning (EAP) menggunakan kerangka kerja TOGAF ADM untuk mendukung kegiatan pelayanan data dan informasi dengan lebih produktif, efektif dan efisien. Ada lima tahapan dalam merencanakan arsitektur data menggunakan kerangka kerja TOGAF ADM. Tahap preliminary framework and principle adalah menentukan ruang lingkup perencanaan arsitektur data. Tahap architecture vision adalah mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan data di tiap proses bisnis pada Bidang Pertanian dan Kehutanan. Tahap information system architectures yaitu perbaikan information system architectures dengan melakukan pemodelan konseptual serta pemetaan aplikasi. Pada tahap technology architecture mendefinisikan kebutuhan teknologi untuk pembangunan aplikasi. Tahap opportunities and solutions yaitu menganalisis gap arsitektur sistem informasi dan teknologi untuk selanjutnya merencanakan strategi implementasi. Hasil akhir penelitian ini berupa daftar entitas data, Conceptual Data Model (CDM), kamus data, matriks proses terhadap entitas data, katalog data, matriks aplikasi terhadap entitas data, analisis gap arsitektur sistem informasi dan teknologi serta strategi implementasi. Arsitektur yang baru diperoleh 76 entitas data yang memenuhi kebutuhan data serta 8 aplikasi yang dapat dibangun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.07/13 Del p
Uncontrolled Keywords: ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING(EAP)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7868.D5 Digital electronics and Electronic circuit design
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
Prita Dellia, 080810718UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEva Hariyanti, S.Si, M.TUNSPECIFIED
Thesis advisorPurbandini, S.Si, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Apr 2013 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 20:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24567
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item