Pengaruh Tingkat Religiusitas Audiens Terhadap Sikap Ketersinggungan Pada Iklan "Kopi Susu Ya" Dimoderasi Oleh Usia Audiens Beragama Islam di Surabaya

DIAN ANGGRAENI PSYLLA, 040510188 (2012) Pengaruh Tingkat Religiusitas Audiens Terhadap Sikap Ketersinggungan Pada Iklan "Kopi Susu Ya" Dimoderasi Oleh Usia Audiens Beragama Islam di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
2491.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat religiusitas audiens terhadap sikap ketersinggungan pada iklan dan juga untuk mengetahui pengaruh perbedaan usia audiens dalam hubungan antara religiusitas dengan sikap pada iklan tersebut. Iklan yang digunakan dalam penelitian ini adalah iklan ”kopi Susu Ya” versi Julia Perez yang mengusung daya tarik seksual dalam iklannya. Dimana iklan yang mengandung daya tarik tarik seksual dapat dikatagorikan sebagai offensive advertising karena tidak sesuai dengan ajaran Agama Islam. Sehingga sampel dari penelitian ini mengambil 200 responden beragama Islam yang dibagi kedalam dua katagori usia, yakni usia muda dan tua. Dalam penelitian ini, variabel tergantung , yaitu sikap ketersinggungan atas iklan dan terdapat variabel bebas yaitu religiusitas audiens serta usia sebagai variabel moderator. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana yang dilakukan sebanyak 3 kali serta uji validitas dan reliabilitas dengan progam SPSS. Analisis regresi yang pertama menghasilkan kesimpulan bahwa untuk keseluruhan usia responden tingkat religiusitas berpengaruh positif terhadap sikap ketersinggungan pada iklan. Hasil analisis yang dilakukan pada kelompok usia muda menghasilkan kesimpulan bahwa hubungan antara tingkat religiusitas dengan sikap ketersinggungan pada iklah adalah lemah. Dan hasil analisis regresi yang dilakukan pada kelompok usia tua menghasilkan bahwa hubungan antara tingkat religiusitas dengan sikap ketersinggungan pada iklan adalah kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 107 / 11 Psy p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; TELEVISION ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DIAN ANGGRAENI PSYLLA, 040510188UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSRI GUNAWAN, DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 06 Jan 2012 12:00
Last Modified: 03 Jan 2018 18:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2491
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item