VARIASI SUDUT BRAIDING PADA BRAIDED-TWISTED FIBER SCAFFOLD BERBASIS POLY L-LACTID ACID (PLLA) UNTUK APLIKASI REKONSTRUKSI ANTERIOR CRUCIATUM LIGAMENT (ACL)

ZAHRINA MARDINA, 080917009 (2013) VARIASI SUDUT BRAIDING PADA BRAIDED-TWISTED FIBER SCAFFOLD BERBASIS POLY L-LACTID ACID (PLLA) UNTUK APLIKASI REKONSTRUKSI ANTERIOR CRUCIATUM LIGAMENT (ACL). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-mardinazah-32483-6.-abstr-k.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan variasi sudut braiding pada pembuatan braided twisted fiber scaffold berbasis Poly L-Lactid Acid (PLLA) berbasis elektrospinning untuk aplikasi rekonstruksi anterior cruciatum ligamen (ACL). Metode yang dilakukan adalah dengan preparasi larutan homogen PLLA dan pelarut chloroform-toluene dengan konsentrasi 7% Wt terlarut/ Wt pelarut. Perbandingan chloroform dan toluene adalah 3:1. Pengadukan dilakukan selama 2x24 jam dan dilakukan pendiaman larutan dalam lemari pendingin selama 3x24 jam untuk membuat larutan homogen tanpa gelembung. Dilakukan pencetakan naofiber dengan elektrospinning menggunakan flow rate 36 mL/jam, tegangan 9 kV, dan jarak antara spinneret dan collector 4 cm. Jenis collector yang digunakan adalah stationery gap collector. Hasilnya dikarakterisasi dengan mikroskop optik untuk mengetahui pengaruh sudut braiding terhadap lebar pori, karakterisasi dengan mtt assay untuk mengetahui sitotoksisitas material, karakterisasi dengan simulated body fluid untuk mengetahui ketahanan material terhadap cairan tubuh, dan uji tarik dengan autograph untuk mengetahui kekuatan tarik dan modulus elastisitas produk. Berdasarkan analisa hasil uji didapatkan bahwa semakin besar sudut braiding maka semakin besar pori scaffold, semakin cepat material terdegradasi, sifat mekanik material akan semakin rendah. Sampel scaffold PLLA terbukti tidak toksik. Sampel yang memungkinkan untuk digunakan sebagai scaffold dalam penelitian ini adalah sampel dengan sudut 80° karena memungkinkan pertumbuhan tulang dan jaringan. Sifat mekanik pada sampel 80° dapat ditingkatkan dengan cara menambah jumlah filamen dan braid pada sampel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST T 17/13 Mar v
Uncontrolled Keywords: ELECTROSPINNING
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
ZAHRINA MARDINA, 080917009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. Djony Izak R, M. SiUNSPECIFIED
Thesis advisorDr. Prihartini Widiyanti, drg., M. KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 24 Dec 2013 12:00
Last Modified: 14 Oct 2016 09:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24988
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item