PENGARUH VARIASI SUHU SINTERING TERHADAP KARAKTERISTIK MIKROSKOPIK DAN MAKROSKOPIK SEMEN GIGI NANO ZINC OXIDE EUGENOL (REINFORCED ALUMINA)

ZAZILATUL KHIKMIAH, 080913079 (2013) PENGARUH VARIASI SUHU SINTERING TERHADAP KARAKTERISTIK MIKROSKOPIK DAN MAKROSKOPIK SEMEN GIGI NANO ZINC OXIDE EUGENOL (REINFORCED ALUMINA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-khikmiahza-32623-7.-abstr-k.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
21.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan semen gigi zinc oxide eugenol sebagai bahan penambalan sementara telah banyak digunakan dalam bidang kedokteran gigi, namun semen gigi ini memiliki sifat mekanik yang lemah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi suhu sintering terhadap karakteristik mikroskopik dan makroskopik semen gigi nano zinc oxide eugenol (reinforced alumina). Pembuatan semen gigi ini dilakukan dengan mencampurkan bubuk zinc oxide, alumina dan magnesium oxide dengan perbandingan 70%, 27% dan 3% menggunakan planetarium ball mill (PBM) selama 30 menit kemudian bubuk semen disintering pada suhu 1000oC sampai 1400oC dengan interval kenaikan suhu 100oC dan masing-masing ditahan selama 1 jam yang selanjutnya dilakukan karakterisasi menggunakan XRD. Bubuk semen dicampur kedalam cairan eugenol dengan perbandingan bubuk dan cairan semen adalah 1,2 gr : 0,6 ml, pasta yang terbentuk kemudian dicetak menggunakan cetakan akrilik. Sampel selanjutnya dilakukan karakterisasi uji tekan, uji kekerasan, dan analisa morfologi menggunakan SEM. Hasil identifikasi pola XRD menunjukkan bahwa proses sintering menyebabkan terbentuknya fasa baru yaitu zinc aluminate (ZnAl2O4). Dari hasil analisa SEM, uji kekerasan (hardness vickers) dan compressive strength, semua sampel semen gigi masih memenuhi syarat untuk diaplikasikan sebagai bahan penambal gigi (base cement).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF 38/13 Khi p
Uncontrolled Keywords: DENTAL CEMENT
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
ZAZILATUL KHIKMIAH, 080913079UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. Siswanto, M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorDr. Nurul Taufiqu Rochman, M.EngUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 02 Jan 2014 12:00
Last Modified: 17 Oct 2016 08:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25001
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item