ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PRODUKSI DI PT. FILLOMATIC GLOBAL INDUSTRY SIDOARJO DENGAN METODE BERORIENTASI OBJEK

FAHREZA NUGRAHA, 080810701 (2013) ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PRODUKSI DI PT. FILLOMATIC GLOBAL INDUSTRY SIDOARJO DENGAN METODE BERORIENTASI OBJEK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-nugrahafah-29057-6.abstr-k.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 26-13 Nug a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Fillomatic Global Industry (FGI) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi mesin – mesin pabrik, keunikan dari perusahaan ini adalah pada jenis barang produksi yang tidak umum. Dalam alur proses produksinya FGI membutuhkan suatu sistem solid yang dapat menangani proses bisnis yang terjadi. Dengan tujuan untuk mengembangkan proses produksi yang merupakan proses utama di FGI maka disusun perancangan sebuah sistem informasi produksi dengan menggunakan metode berorientasi objek yang mempunyai kapabilitas untuk mendukung pengembangan rancangan sistem sebagai acuan blueprint sistem informasi produksi. Perancangan sistem informasi produksi dengan berorientasi objek dilakukan dengan lima tahap. Tahap pertama dilakukan dengan perumusan masalah dan penetapan tujuan sebagai pedoman penelitian ditahap selanjutnya. Pada tahap kedua, dilakukan analisis tempat penelitian untuk mendapatkan gambaran awal sistem produksi yang sedang belangsung. Pada tahap ketiga yaitu pengumpulan data, dilakukan untuk mendapatkan data dan informasi yang mendukung analisis dan perancangan sistem. Pengumpulan data dilakukan dengan dua metode yaitu wawancara dan observasi. Tahap keempat, analisis dan perancangan sistem dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan mendefinisikan kelas-kelas dalam sistem yang akan dibuat. Perancangan sistem dilakukan dengan menggambarkan hasil analisis sistem menggunakan diagram-diagram UML. Pada tahap kelima, uji rancangan sistem dilakukan dengan menggunakan prototype desain antarmuka untuk mengetahui kesesuaian rancangan sistem dengan kebutuhan pengguna. Penelitian ini menghasilkan suatu rancangan sistem informasi produksi yang terkomputerisasi, dengan fitur – fitur yang sesuai kebutuhan pengguna. Selain itu, rancangan sistem ini dapat menjadi acuan pengembangan sistem informasi produksi di PT. Fillomatic Global Industry sebagai solusi atas permasalahan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 26/13 Nug a
Uncontrolled Keywords: INFORMATION SYSTEMS
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.7-58.8 Production capacity. Manufacturing capacity
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
FAHREZA NUGRAHA, 080810701UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKartono,, Drs., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 27 Dec 2013 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 02:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25156
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item