ISOLASI DAN PENENTUAN STRUKTUR SENYAWA DEPSIDON EKSTRAK N-HEKSANA RAMALINA JAVANICA NYL SERTA UJI ANTIMALARIA (ISOLATED AND IDENTIFICATED N-HEKSANA EXTRACT RAMALINA JAVANICA NYL AND ANTIMALARIA ASSAY)

SARI PURBAYA, 080513327 (2009) ISOLASI DAN PENENTUAN STRUKTUR SENYAWA DEPSIDON EKSTRAK N-HEKSANA RAMALINA JAVANICA NYL SERTA UJI ANTIMALARIA (ISOLATED AND IDENTIFICATED N-HEKSANA EXTRACT RAMALINA JAVANICA NYL AND ANTIMALARIA ASSAY). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-purbayasar-15822-mpk641-k.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-purbayasar-13192-mpk641-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Senyawa vikanisin dari ekstrak n-heksana talus lichen Ramalina javanica Nyl telah diisolasi, diidentifikasi dan diuji aktivitas antimalarianya. Tumbuhan lichen dipilih sebagai penelitian karena lichen merupakan tumbuhan yang unik karena dibentuk oleh ganggang dan cendawan serta merupakan salah satu sumber metabolit sekunder yang berkhasiat obat. Sementara itu malaria merupakan salah satu penyakit menular yang berbahaya karena dapat menghalangi jalan darah ke otak, menyebabkan koma serta lebih dari satu juta kematian tiap tahunnya disebabkan oleh penyakit ini. Ekstraksi terhadap talus lichen Ramalina javanica Nyl dilakukan dengan cara maserasi dengan pelarut n-heksana. Pemisahan senyawa vikanisin dari ekstrak n-heksana dilakukan dengan cara kromatografi kolom dengan gradient pelarut n-heksana dan etilasetat. Untuk mengetahui kemurnian dari hasil pemisahan melalui kromatografi kolom maka dilakukan kromatografi lapis tipis dan dilanjutkan dengan analisis menggunakan spektroskopi inti proton serta pengukuran titik leleh. Uji aktivitas antimalaria senyawa vikanisin menghasilkan IC50=33,20813μg/mL yang menunjukkan bahwa senyawa vikanisin tidak aktif untuk antimalaria.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK 64 / 10 Pur i
Uncontrolled Keywords: ANTIMALARIA; RAMALINA JAVANICA NYL
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
SARI PURBAYA, 080513327UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Suyanto, Dr. M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 08 Mar 2011 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 07:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25272
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item