PRODUKSI DAN KARAKTERISASI ENZIM GLUKANASE DARI ISOLAT LEUCONOSTOC MESENTEROIDES SSP DEXTRANICUM DAN STAPHYLOCOCCUS LUGDUNENSIS (PRODUCTION AND CHARACTERIZATION OF GLUCANASE ENZYMES FROM LEUCONOSTOC MESENTEROIDES SSP DEXTRANICUM AND STAPHYLOCOCCUS LUGDUNE

ZAMAKHSYARI, 080513193 (2009) PRODUKSI DAN KARAKTERISASI ENZIM GLUKANASE DARI ISOLAT LEUCONOSTOC MESENTEROIDES SSP DEXTRANICUM DAN STAPHYLOCOCCUS LUGDUNENSIS (PRODUCTION AND CHARACTERIZATION OF GLUCANASE ENZYMES FROM LEUCONOSTOC MESENTEROIDES SSP DEXTRANICUM AND STAPHYLOCOCCUS LUGDUNE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-zamakhsyar-15929-mpk431-k.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-zamakhsyar-13331-mpk431-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan produksi dan karakterisasi terhadap enzim glukanase dari isolat asal lumpur pantai yaitu Leuconostoc mesenteroides ssp dextranicum dan Staphylococcus lugdunensis, yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang aktivitas enzim glukanase terhadap dekstran dan glukan, serta karakeristik suhu dan pH optimum, serta stabilitas enzim glukanase (pH dan suhu). Uji aktivitas pada penelitian ini menggunakan asam 3,5-dinitrosalisilat (DNS). Selanjutnya dilakukan juga presipitasi enzim menggunakan amonium sulfat 80% dan dialisis menggunakan tabung selofan. SDS-PAGE dilakukan untuk membandingkan ekstrak kasar enzim dengan hasil presipitasi. Dari hasil penelitian terbukti enzim dari kedua isolat mampu menghidrolisis baik dekstran maupun glukan. pH optimum untuk enzim dari kedua isolat berturut-turut adalah 7 dan 8, dengan suhu optimum yang sama yaitu 37°C. Enzim dari kedua isolat stabil pada suhu optimumnya selama enam jam. Hasil SDS-PAGE juga menunjukkan presipitasi dengan amonium sulfat 80% mampu memisahkan enzim glukanase dari sebagian protein lain yang tidak diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK 43 / 10 Zam p
Uncontrolled Keywords: GLUCANS; SLUDGE ISOLATES
Subjects: R Medicine
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
ZAMAKHSYARI, 080513193UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAfaf BaktirUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 09 Mar 2011 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 08:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25279
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item