KEANEKARAGAMAN DAN POLA DISTRIBUSI LONGITUDINAL SPESIES KIJING AIR TAWAR UNIONIDAE DI SUNGAI BRANTAS PERIODE JANUARI-MARET 2012

Astra Budi Priyatama, 080810297 (2012) KEANEKARAGAMAN DAN POLA DISTRIBUSI LONGITUDINAL SPESIES KIJING AIR TAWAR UNIONIDAE DI SUNGAI BRANTAS PERIODE JANUARI-MARET 2012. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
25682.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap keanekaragaman spesies, dominansi, kelimpahan, dan kontinuitas keberadaan spesies kijing air tawar Unionidae di Sungai Brantas pada periode Januari—Maret 2012 dan melakukan komparasi data tentang keanekaragaman spesies, dominansi, dan kelimpahan dengan periode April—Mei 2011. Penelitian ini bersifat deskriptif. Sampel diambil pada 15 stasiun di Sungai Brantas menggunakan Ponar dredge pada bagian tengah dan dua sisi aliran sungai. Sampel dianalisis untuk mengetahui nama spesies, karakter, kelimpahan, nilai keanekaragaman spesies, dominansi dan kontinuitas keberadaan spesies kijing air tawar Unionidae di Sungai Brantas. Spesies kijing yang didapatkan dari lokasi penelitian sebanyak 4 spesies dengan kelimpahan (individu/m2dan dominansi %) masing-masing spesies: Contradens contradens (22; 32), Elongaria orientalis (26; 38), Pilsbryoconcha exilis (11; 16), dan Rectidens sumatrensis (10; 14). Keanekaragaman spesies pada setiap stasiun bervariasi mulai dari 0,69–1,28. Empat spesies yang ditemukan di Sungai Brantas memiliki pola tidak kontinyu bila dilihat dari seluruh stasiun pengambilan sampel, dan hanya kontinyu pada empat titik pengambilan sampel yang berada di bagian hilir yaitu di aliran Kali Surabaya. Disimpulkan: Keanekaragaman spesies tergolong rendah. Spesies kijing air tawar Unionidae di Sungai Brantas didapatkan sebanyak empat spesies, keberadaannya cenderung terkonsentrasi di bagian hilir. Elongaria orientalis memiliki kelimpahan dan dominasi tertinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 31 - 12 Pri k
Uncontrolled Keywords: LONGITUDINAL DISTRIBUTION
Subjects: Q Science
S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsNIM
Astra Budi Priyatama, 080810297UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Affandi,, Drs. M.Si.,UNSPECIFIED
Thesis advisorBambang Irawan, Dr. M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 21 Jan 2013 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 20:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25682
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item