IMPLEMENTASI LEARNING VECTOR QUANTIZATION (LVQ) SEBAGAI ALAT BANTU IDENTIFIKASI KELAINAN JANTUNG MELALUI CITRA ELEKTROKARDIOGRAM

Fatimatul Karimah, 080810083 (2012) IMPLEMENTASI LEARNING VECTOR QUANTIZATION (LVQ) SEBAGAI ALAT BANTU IDENTIFIKASI KELAINAN JANTUNG MELALUI CITRA ELEKTROKARDIOGRAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
KARIMAH, F.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit jantung adalah penyakit yang menyebabkan angka kematian yang tinggi di dunia. Salah satu cara pendeteksian penyakit jantung dapat dilakukan dengan pembacaan sinyal Electrocardiograph (ECG). Namun, pembacaan perekaman ECG (elektrokardiogram) ini cukup sulit karena memerlukan keahlian khusus. Untuk membantu pembacaan elektrokardiogram maka, pada penelitian ini dilakukan perancangan perangkat lunak berbasis jaringan saraf tiruan dengan metode Learning Vector Quantization (LVQ) sebagai alat bantu identifikasi kelainan jantung. Input perangkat lunak ini adalah citra digital elektrokardiogram. Citra elektrokardiogram tersebut diolah menggunakan metode pengolahan citra (pre-processing, segmentasi, morfologi citra dan ekstraksi fitur) sehingga diperoleh ordinat grafik citra elektrokardiogram yang merepresentasikan potensial listrik jantung. Output dari perangkat lunak ini dibagi menjadi tiga kelas yaitu, kondisi jantung normal, koroner dan fibrilasi atrium. Tingkat akurasi maksimal perangkat lunak ini adalah sebesar 96% dengan parameter optimal LVQ yaitu, laju pembelajaran 0,1 dan pengurangan laju pembelajaran 0,5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST. T 28 / 12 Kar i
Uncontrolled Keywords: ELECTROCARDIOGRAM
Subjects: Q Science
R Medicine
T Technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsNIM
Fatimatul Karimah, 080810083UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAdri Supardi, Drs. M. Sc. danUNSPECIFIED
Thesis advisorEndah Purwanti,, S. Si., M. TUNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 21 Jan 2013 12:00
Last Modified: 11 Aug 2016 08:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25697
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item