SINTESIS DAN KARAKTERISASI MATERIAL MAGNETIK BERBASIS SENYAWA KOMPLEKS INTI GANDA BESI(III) DENGAN 2,2�-BIPIRIDIN MENGGUNAKAN LIGAN JEMBATAN OKSALAT

Putri Octavia Mahardika, 080810632 (2012) SINTESIS DAN KARAKTERISASI MATERIAL MAGNETIK BERBASIS SENYAWA KOMPLEKS INTI GANDA BESI(III) DENGAN 2,2�-BIPIRIDIN MENGGUNAKAN LIGAN JEMBATAN OKSALAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
MPK 66 - 12 Mah s.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis dan mengkarakterisasi material magnetik berbasis senyawa kompleks inti ganda besi(III) dengan 2,2’-bipiridin menggunakan ligan jembatan oksalat. Sintesis senyawa kompleks inti ganda dilakukan dengan mensintesis senyawa kompleks inti tunggal terlebih dahulu. Sintesis senyawa kompleks inti tunggal diperoleh berdasarkan perbandingan mol = 1:3 dan senyawa kompleks inti ganda ini disintesis dengan mereaksikan besi(III) dari senyawa FeCl3.6H2O, ligan 2,2’-bipiridin serta ligan jembatan oksalat sesuai dengan perbandingan mol besi(III):2,2’-bipiridin:oksalat = 2:4:1. Senyawa hasil analisis ini akan dianalisis kararkterisasinya dengan menggunakan spektrofotometri UV-Vis, spektroskopi FT-IR, uji kemagnetan dengan Magnetic Susceptibility Balance (MSB), dan uji konduktometri. Pada uji spektrofotometri UV-Vis diperoleh nilai panjang gelombang maksimum sebesar 522,5 nm dengan absorbansi sebesar 0,831. Spektrum FT-IR senyawa ini menunjukkan adanya vibrasi Fe-N dari ligan 2,2’-bipiridin, Vibrasi ulur C=O dari ligan oksalat, vibrasi C-O dari ligan oksalat yang berinteraksi dengan besi, dan vibrasi ulur O-H dari ligan OH. Analisis kemagnetan dengan Magnetic Susceptibility Balance (MSB) diperoleh harga momen magnet sebesar 6,29 Bohr Magneton (BM) yang bersifat paramagnetik. Sedang analisis konduktometri menunjukkan bahwa senyawa kompleks inti ganda bermuatan +6, sehingga prediksi rumus senyawa kompleks inti ganda yaitu [(OH)(bipy)2Fe(Ox)Fe(bipy)2(OH)]6+.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK 66 - 12 Mah s
Uncontrolled Keywords: OXALATE BRIDGE LIGAND
Subjects: Q Science
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsNIM
Putri Octavia Mahardika, 080810632UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHartati,, Dra. M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorHarsasi Setyawati,, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 20 Feb 2013 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 02:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25778
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item