PENGHILANGAN KARAT PADA BESI STRIP HA 330 MENGGUNAKAN METODE PEMBENTUKAN SENYAWA KOMPLEKS YANG STABIL DENGAN LIGAN PENGKHELAT EDTA

Yohanes Bangkit Setyawan, 080610101 (2013) PENGHILANGAN KARAT PADA BESI STRIP HA 330 MENGGUNAKAN METODE PEMBENTUKAN SENYAWA KOMPLEKS YANG STABIL DENGAN LIGAN PENGKHELAT EDTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-setyawanyo-23035-6.abstr-k.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui kemampuan dari ligan pengkhelat EDTA yang digunakan untuk menghilangkan karat besi. Senyawa EDTA memiliki kemampuan yang sangat baik untuk berikatan dengan logam khususnya Fe untuk membentuk senyawa kompleks yang stabil. Karat merupakan campuran besi hidroksida (Fe(OH)3) atau besi oksida (Fe2O3) yang dihasilkan dari reaksi antara besi dan oksigen yang terlarut dalam air dan juga karbon dioksida. Ion Fe3+ ini akan membentuk senyawa kompleks yang stabil ketika direaksikan dengan ligan pengkhelat EDTA. Adanya ligan EDTA ini dapat mengikat Fe3+ pada logam yang berkarat sehingga karat pada logam akan hilang seiring terbentuknya senyawa kompleks [Fe(EDTA)]-. Konsentrasi EDTA optimum yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5.10-5 M dengan waktu optimum yang dibutuhkan untuk menghilangkan karat dari logam selama 6 jam. Karat pada logam yang dihilangkan dengan EDTA, diukur kandungan Fe dari besi hidroksida (Fe(OH)3) atau besi oksida (Fe2O3) diukur dengan AAS (Atomic Absorbtion Spectrofotometer). Senyawa [Fe(EDTA)]- yang terbentuk dianalisis dengan Spektrofotometer UV-Vis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK 84 - 12 Set p
Uncontrolled Keywords: RUST; COMPLEX COUMPOUND
Subjects: Q Science
Q Science > QD Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsNIM
Yohanes Bangkit Setyawan, 080610101UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHandoko Darmokoesomo, Drs. , DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 25 Feb 2013 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 05:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25787
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item