OPTIMASI MODEL ELEKTRODE PADA SISTEM PENGUKURAN POTENSIAL TITIK AKUPUNKTUR SECARA NON-INVASIVE UNTUK DIAGNOSIS FUNGSIONAL ORGAN

Yulanda Dwi Fajarwati, 080810458 (2013) OPTIMASI MODEL ELEKTRODE PADA SISTEM PENGUKURAN POTENSIAL TITIK AKUPUNKTUR SECARA NON-INVASIVE UNTUK DIAGNOSIS FUNGSIONAL ORGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-fajarwatiy-25022-6.abstr-k.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
25831-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat elektroda sebagai pengganti elektrode standart ECG. Elektrode dibuat dari keping aluminium dan dilakukan inovasi dalam 2 hal, diameter dan penambahan medan magnet. Pengambilan data dilakukan dengan perekaman pada titik akupunktur PC 6 (Neiguan) yang berhubungan dengan organ jantung. Perekaman dilakukan menggunakan software IWORX/214 dan data yang dihasilkan data berupa tegangan fungsi waktu. Profil potensial hasil perekaman berpola ECG karena merupakan titik akupunktur pericardial jantung. Pola ECG kemudian diamati amplitude dari frekuensi yang muncul. Tingkat keberhasilan elektrode diukur dari kemampuannya menimbulkan amplitude yang maksimal pada frekuensi yang muncul. Hasil analisis menyatakan ada beberapa frekuensi dominan yang muncul dari hasil perekaman profil potensial titik akupunktur, yaitu frekuensi 0-2 Hz dan 50 Hz. Elektrode yang paling baik untuk mendeteksi frekuensi 0-2 Hz adalah elektrode dengan diameter 2,8 cm dengan nilai amplitude A= (1 ± 0,16). Sedangkan elektrode yang paling baik untuk meminimalisir frekuensi noise 50 Hz adalah elektrode dengan diameter 2,8 cm serta dengan penambahan 1 lempeng magnet dengan nilai amplitude A= (0,03 ± 0,01). Berdasarkan hasil yang didapatkan, elektroda yang telah dibuat pada penelitian ini dapat menggantikan elektrode standart karena dapat mendeteksi profil potensial listrik di titik akupunktur PC 6 cukup baik bila dibandingkan dengan elektrode standart ECG buatan pabrik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC. KK MPF 12/13 Faj o
Uncontrolled Keywords: ELECTROACUPUNCTURE
Subjects: Q Science
Q Science > QC Physics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsNIM
Yulanda Dwi Fajarwati, 080810458UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWelina Ratnayanti Kawitana, Ir.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 27 Jun 2013 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 21:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25831
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item