SINTESIS MEMBRAN PENYARING LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) DI UDARA BERBASIS SELULOSA ASETAT DARI ECENG GONDOK (Eichhornia crassipes)

Aurista Miftahatul Ilmah, 080810462 (2013) SINTESIS MEMBRAN PENYARING LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) DI UDARA BERBASIS SELULOSA ASETAT DARI ECENG GONDOK (Eichhornia crassipes). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-ilmahauris-25047-6.abstr-k.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan sintesis membran selulosa asetat dari eceng gondok sebagai penyaring logam berat timbal (Pb) di udara. Metode yang digunakan adalah dengan pembuatan selulosa asetat dari eceng gondok kemudian dilanjutkan pembuatan membran dengan pelarut aseton dan formamida lalu mengkontaminasikan membran ke gas buangan kendaraan bermotor. Hasil untuk selulosa asetat dikarakterisasi menggunakan FT-IR, sedangkan hasil dari pembuatan membran dikarakterisasi dengan uji mikrostruktur dengan mikroskop cahaya binokuler dan uji emisi gas buang kendaraan bermotor. Hasil analisis data FT-IR membuktikan terbentuknya selulosa diasetat dengan pita serapan khas yaitu adanya gugus karbonil (C=O) pada bilangan gelombang 1749,12 cm-1. Membran yang memiliki kemampuan dalam menyaring timbal yang paling baik adalah membran dengan perbandingan selulosa asetat 16%, formamida 8%, aseton 76% dengan persentase emisi PbCO3 terabsorbsi 0,714%. Uji mikrostruktur juga memberikan hasil dengan perbandingan tersebut diperoleh kerapatan pori-pori dan ketebalan yang tinggi. Membran dengan selulosa asetat 16% dan aseton 76% berpotensi dalam menyaring timbal di udara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC. KK MPF 18/13 Ilm s
Uncontrolled Keywords: EICHHORNIA CRASSIPES
Subjects: Q Science
Q Science > QC Physics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsNIM
Aurista Miftahatul Ilmah, 080810462UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDyah Hikmawat, i, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 28 Jun 2013 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 04:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25837
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item