Tri Elyasari Kartika, 080412966 (2010) SISTEM PENGENDALIAN FIN STABILIZER PADA FAST PATROL BOAT MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-kartikatri-14621-mpf301-k.pdf Download (95kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
25969.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan fin stabilizer yang dikendalikan oleh logika fuzzy dalam memperkecil gerak rolling (oleng) kapal dalam gelombang laut sinusoidal serta membandingkan hasilnya pada saat dikendalikan oleh PID. Penelitian ini menggunakan objek penelitian berupa Fast Patrol Boat (Kapal Patroli Cepat) yang memerlukan kestabilan kapal cukup tinggi agar dapat memaksimalkan kinerjanya pada saat patroli rutin ataupun pada saat pengejaran. Untuk mengetahui batas kemampuan pengendali logika fuzzy dalam mengendalikan fin stabilizer pada penelitian ini, maka diuji dengan memberikan gangguan pada sistem (kapal) berupa gelombang laut setinggi satu, dua, tiga, empat dan lima meter. Dari hasil penelitian dengan variasi gelombang tersebut, diketahui bahwa performa paling baik dari fin stabilizer yang dikendalikan oleh logika fuzzy dalam meredam sudut rolling kapal yaitu pada ketinggian gelombang laut satu meter. Selain itu, data yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah besarnya sudut rolling kapal tanpa fin stabilizer adalah sebesar 0,876 radian, sudut rolling kapal menggunakan fin stabilizer yang dikendalikan oleh PID sebesar 0,1701 radian dan sudut rolling kapal menggunakan fin stabilizer yang dikendalikan oleh logika fuzzy sebesar 0,1288 radian. Diharapkan penelitian ini dapat dilanjutkan ke penelitian selanjutnya untuk memperoleh performa fin stabilizer yang mampu meredam gerak rolling kapal pada ketinggian gelombang laut yang lebih bervariasi. Translation: This research aim to know performance of fin stabilizer controlled by fuzzy logic in minimizing rolling ship in sinusoidal sea wave and compares result of its at the time of controlled by PID. Object of this research is Fast Patrol Boat which needs stability to maximize its performance when routine patrol and at the time of pursuit. To know performance of fuzzy logic controller in controling fin stabilizer at this research, hence tested by giving trouble at system ( ship) in the form of waving sea as high as one, two, three, four and five meter. From result of research with various wave, known that best performance from fin stabilizer controlled by logic fuzzy in damping angle of ship rolling at elevation waving sea one meter. Data yielded in this research is level of angle of ship rolling without fin stabilizer is 0,876 radian, angle of ship rolling applies fin stabilizer controlled by PID 0,1701 radian and angle of rolling ship applies fin stabilizer controlled by fuzzy logic 0,1288 radian. Expected this research can be continued to research hereinafter to obtain performa fin stabilizer capable to damp ship rolling angle at elevation waving sea in more varies.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK MPF 30/10 Kar s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | FIN STABILIZER | ||||||
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics | ||||||
Divisions: | 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Turwulandari | ||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 13 Jun 2017 21:48 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25969 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |