ESTIMASI PARAMETER DARI DISTRIBUSI GAMMA DENGAN METODE JACKKNIFE

Nita Mufidah Rahmawati, 080112320 (2006) ESTIMASI PARAMETER DARI DISTRIBUSI GAMMA DENGAN METODE JACKKNIFE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak MPM 35-06 Rah e.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-rahmawatin-3228-mpm35_06.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari skripsi ini adalah membexikcan solusi alternatif dalam menjawab permasalahan estimasi parameter distribusi Gamma. Ada dua metode yang akan digunakan untuk mengestimasi parameter bentuk (α) dan parameter skala (β) dari distribusi Gamma, yaitu Metode Estimasi Maksimum Likelihood dan Metode Jackknife. Dari kedua metode akan dipemleh metode mana yang lebik baik dalam mengestimasi parameter-parameter distribusi Gamma. Estimasi parameter distribusi Gamma dengan metode Maksimum Likelihood dan metode Jackknife tidak dapat diselesalkan secara analitis sehingga estimator yang didapat maslh dalam bentuk fungsi implisit, oleh karma itu digunakan metode Newton-Raphson untuk menyelesaikan suatu persamaan implisit. Penentuan metode estimasi parameter terbalk digunakan kriteria nilai Mean Square Error (MSE) terkecil. Dari studi kasus data ukuran panjang lingkar kepala anak pertama, data umur baterai mobil, dan data berat badan bayi dengan sindrom pemafasan pads saat lahir dalam keadaan hidup, diperoleh bahwa metode Jackknife merupakan metode estimasi parameter yang lebih baik dari metode Maksimum Likelihood karena mempunyai nilai MSE yang terkecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM. 35/06 Rah e
Uncontrolled Keywords: PARAMETER ESTIMATION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3770-3795 Science and arts. Research
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
Nita Mufidah Rahmawati, 080112320UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorARDI KURNIAWAN, Drs.,M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorH.SEDIONO, Drs.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 18 Dec 2006 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 07:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26027
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item