PENAMBAHAN LISIN PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, RASIO KONVERSI PAKAN DAN EFISIENSI PAKAN UDANG GALAH (Macrobrachium rosenbergii)

ANDY PRAMANA, 141011073 (2014) PENAMBAHAN LISIN PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, RASIO KONVERSI PAKAN DAN EFISIENSI PAKAN UDANG GALAH (Macrobrachium rosenbergii). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-pramanaand-36972-4.-ringk-n.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP.100.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Produksi nasional udang galah (Macrobrachium rosenbergii) di Indonesia hanya sekitar 400.000 ton hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik yang belum terpenuhi. Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi dan produktivitas kegiatan budidaya udang air tawar dapat dilakukan dengan pengembangan pakan alternatif atau feed additive yang dapat mempercepat pertumbuhan sehingga memperpendek masa produksi. Lisin merupakan salah satu feed additive yang memiliki peran dalam pembentukan karnitin. Karnitin berpengaruh pada pertumbuhan dan oksidasi lemak dalam udang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan lisin pada pakan komersial terhadap laju pertumbuhan, rasio konversi pakan dan efisiensi pakan udang galah (Macrobrachium rosenbergii). Perlakuan yang diberikan adalah pakan komersial tanpa penambahan lisin, pakan komersial dengan penambahan 0,5 %, pakan komersial dengan penambahan 1 %, pakan komersial dengan penambahan 1,5 % dan pakan komersial dengan penambahan 2 %. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Analisa statistik menggunakan Analisis Varian (ANAVA) untuk mengetahui pengaruh perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan lisin untuk pakan komersial tidak berbeda nyata (p> 0,05) dari tingkat pertumbuhan, rasio konversi pakan dan efisiensi pakan udang galah (Macrobrachium rosenbergii). Kebutuhan protein dan lisin dalam udang galah belum terpenuhi sehingga laju pertumbuhan relatif lambat. Kualitas air udang media pemeliharaan oksigen terlarut 6,9-7,3 ppm, pH 7-8, suhu 29-30 ° C dan amonia 0-0,25 mg / l.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.100/14 Pra p
Uncontrolled Keywords: RASIO KONVERSI
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
ANDY PRAMANA, 141011073UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 17 Oct 2014 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 00:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26148
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item