PENGARUH BIOFILTER RUMPUT LAUT Gracilaria sp. TERHADAP DOMINANSI PLANKTON PADA MEDIA AIR YANG TERPAPAR LOGAM BERAT Cr

TANTIKA WULAN SARI, 060810056P (2013) PENGARUH BIOFILTER RUMPUT LAUT Gracilaria sp. TERHADAP DOMINANSI PLANKTON PADA MEDIA AIR YANG TERPAPAR LOGAM BERAT Cr. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-saritantik-28327-4.abstr-t.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT SARI TANTIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pencemaran adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam air. Hasil studi menunjukkan bahwa secara kualitatif perairan Sidoarjo yang terkena dampak lumpur Lapindo mempunyai nilai indeks pencemaran (13,3433) maka perairan pesisir Sidoarjo tercemar berat, dan untuk kelangsungan usaha budidaya diperlukan treatmen air baik secara fisik, kimia dan biologis sebelum air tersebut dimanfaatkan untuk pemeliharaan (Sudinno, 2009). Terkait dengan rantai makanan, plankton memiliki sifat mampu mengakumulasi polutan yang ada di lingkungan. Polutan yang ada di lingkungan diakumulasi oleh plankton membentuk senyawa toksin menjadi tidak toksin. Terdapat pilihan flora fauna untuk dimanfaatkan baik sebagai biofilter, bioakumulator maupun sebagai agen biomonitoring pencemaran yang terjadi di perairan yaitu rumput laut Gracillia sp. Pemberian Gracilaria sp. dengan dosis yang berbeda diharapkan berpengaruh terhadap dominansi plankton pada media air yang terpapar logam berat Cr. Setelah penelitian dilakukan, ternyata kadar logam berat kromium (Cr) telah turun dari semula 0,18 mg/l menjadi 0,09 mg/l pada sedimen. Terdapat dominansi plankton Tetraselmis chuii pada media air, adanya dominansi plankton pada media air dapat menggambarkan lingkungan perairan dengan keanekaragaman plankton yang rendah, dan ini kurang baik bagi biota lain yang memanfaatkan plankton sebagai pakan alaminya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 08/13 Sar p
Uncontrolled Keywords: MARINE ALGAE
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH388.7-391.5 Algae culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
TANTIKA WULAN SARI, 060810056PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarno, . Ir., M. Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 22 Nov 2013 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 03:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26192
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item