EFEK PENAMBAHAN L-KARNITIN PADA PAKAN TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN BENIH LOBSTER AIR TAWAR (Cherax qudricarinatus)

FANDI WAHONO, 060810343P (2014) EFEK PENAMBAHAN L-KARNITIN PADA PAKAN TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN BENIH LOBSTER AIR TAWAR (Cherax qudricarinatus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2014-wahonofand-29970-3.ringk-n.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus) merupakan salah satu komoditas perikanan yang bernilai ekonomis tinggi, baik untuk lobster konsumsi ataupun lobster hias. Kebutuhan Lobster Air Tawar konsumsi semakin meningkat, namun produksinya masih sangat rendah sehingga harga di pasaran relatif tinggi. Pakan merupakan salah satu komponen budidaya yang sangat besar peranannya sebagai faktor penentu pertumbuhan maupun dari segi biaya produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa udang putih yang diberi pakan dengan tambahan 500 ppm L-karnitin menunjukkan pertumbuhan yang optimal. Adanya penelitian tentang L-karnitin yang mampu meningkatkan pertumbuhan udang putih maka diharapkan juga mampu meningkatkan pertumbuhan Lobster Air Tawar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan Lkarnitin pada pakan terhadap pertumbuhan benih Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus). Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan yaitu A (pakan mengandung 0 ppm Lkarnitin), B (pakan mengandung 400 ppm L-karnitin), C (pakan mengandung 500 ppm L-karnitin), D (pakan mengandung 600 ppm L-karnitin), E (pakan mengandung 700 ppm L-karnitin), F (pakan mengandung 800 ppm L-karnitin) dan tiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Data yang didapat diolah dengan menggunakan Analysis of Variance (ANOVA), dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian dosis L-karnitin yang berbeda pada pakan buatan menghasilkan laju pertumbuhan harian dan efisiensi pakan yang berbeda nyata (p<0,05). Pertumbuhan benih Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus) terbaik pada perlakuan D sebesar 0,72 gr/hari, dan efisiensi pakan terbaik pada perlakuan D sebesar 90,68%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 11/14 Wah e
Uncontrolled Keywords: LOBSTERS
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
FANDI WAHONO, 060810343PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 20 Feb 2014 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 06:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26233
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item