PERUBAHAN PATOLOGI KULIT DAN INSANG BENIH IKAN LELE (Clarias sp.) YANG TERINFEKSI Saprolegnia sp. DAN YANG TELAH DIOBATI EKSTRAK RIMPANG KENCUR (Kaempferia galanga L.)

WISNU ALFARISTHA, 140911067 (2014) PERUBAHAN PATOLOGI KULIT DAN INSANG BENIH IKAN LELE (Clarias sp.) YANG TERINFEKSI Saprolegnia sp. DAN YANG TELAH DIOBATI EKSTRAK RIMPANG KENCUR (Kaempferia galanga L.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2014-alfaristha-30777-3.ringk-n.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan semakin tingginya pennintaan ikan membuat peluang bisnis budidaya ikan lele (Clarias sp.) semakin terbuka. Pembenihan merupakan salah satu mata rantai yang turut menentukan keberhasilan suatu usaha budidaya perikanan. Benih ikan yang diproduksi baik secara kuantitas maupun kualitas sering tidak dapat dipenuhi. Banyak faktor yang menjadi penyebab. diantaranya adalah serangan penyakit. Penyakit yang dapat menyerang ikan disebabkan oleh sistem pertahanan tubuh ikan yang belum sempuma, salah satu penyakit yang sering menyerang benih ikan lele adalah jamur Saprolegnia sp., salah satu upaya untuk mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh jamur pada benih ikan lele dilakukan dengan cara pengobatan menggunakan salep ekstrak rim pang kencur (Kaempferia galanga L.) pada bagian yang terserang, untuk melihat tingkat kesembuhan maka diperlukan pembuatan preparat histopatologi untuk mengetahui perubahan jaringan yang tetjadi. Penelitian ini dilaksanakan pada Agustus 2013 dan selesai pada bulan September 2013 yang dilaksanakan di FakuItas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran histopatologi insang dan kulit benih ikan lele (Claria5 sp.) yang terinfeksi oleh Saprolegnia sp. dan yang telah diobati menggunakan ekstrak rimpang kencur (Kaempferia galanga L.). Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan jaringan pada kulit ikan yang terinfeksi Saprolegnia sp. yaitu berupa nekrosis pada sel mukus. sedangkan pada insang tidak tet:iadi perubahan jaringan akibat infeksi Saprolegnia sp. Tidak tetjadi perubahan patologi pada jaringan kuJit dan insang benih ikan Ie Ie yang telah diobati dengan ekstrak rimpang kencur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 18/14 Alf p
Uncontrolled Keywords: FISHES - INFECTIONS
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
WISNU ALFARISTHA, 140911067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahayu Kusdarwati, Ir., M. KesUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 03 Apr 2014 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 01:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26243
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item