PENGARUH KEDALAMAN AIR TERHADAP TINGKAH LAKU DAN LAMA HIDUP TERIPANG LOKAL (Phyllophorus sp.) SELAMA MASA ADAPTASI DI BAK PEMELIHARAAN

BINTI RUMIYATI, 141011009 (2014) PENGARUH KEDALAMAN AIR TERHADAP TINGKAH LAKU DAN LAMA HIDUP TERIPANG LOKAL (Phyllophorus sp.) SELAMA MASA ADAPTASI DI BAK PEMELIHARAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
RUMIYATI, BINTI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Teripang lokal, Phyllophorus sp. merupakan komoditas laut yang berekonomis penting. Kebutuhan teripang lokal saat ini masih tergantung pada hasil tangkapan alam, sehingga diperlukan upaya budidaya teripang. Faktor keberhasilan budidaya teripang salah satunya diperankan oleh keberhasilan adaptasi teripang dari habitat ke lingkungan baru. Ketidakmampuan teripang salam beradaptasi akan mempengaruhi fisiologi teripang yang ditunjukkan dengan beberapa tingkah laku seperti dikeluarkannya usus, gonad dan lendir saat kondisi stres berat (Purnayudha, 2013). Kedalaman air merupakan faktor yang berpengaruh terhadap tingkah laku pembenaman diri teripang (Darsono, 2009) dan dikeluarkannya tentakel Curcumaria frondosa ke permukaan (Singh et al.,1999). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedalaman air terhadap tingkah laku dan lama hidup teripang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sebagai rancangan percobaan. Perlakuan yang digunakan adalah kedalaman air yang berbeda, yaitu 10 cm, 20 cm, 30 cm dan 40 cm, masing-masing perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Parameter utama yang diamati adalah tingkah laku teripang yang terdiri dari fuuly exposed, fully buried, half buried, keluar tentakel, keluar usus, keluar gonad, keluar cincin kapur dan kult teripang berlendir serta lama hidup teripang. Parameter penunjuang yang diamati adalah suhu, kecerahan, salinitas dan oksigen terlarut. Analisis data tingkah laku teripang menggunakan menggunakan metode deskriptif dan Analisis Ragam Variam (ANOVA), analisis data lama hidup menggunakan Analisis Ragam Varian (ANOVA) dan untuk mengetahui perlakuan terbaik dilakukan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedalaman air yang berbeda memberikan pengaruh yang nyata (p<0,05) terhadap tingkah laku dan lama hidup teripang. Perlakuan kedalaman air 40 cm merupakan kedalaman air yang sesuai untuk masa adaptasi teripang sebelum dibudidayakan. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui pengaruh salinitas, suhu, intensitas cahaya dan DO terhadap tingkah laku, pertumbuhan kelulushiduan dan lama proses regenerasi organ Phyllophorus sp. selama masa adaptasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC. KK. PK. BP. 53-14 Rum p
Uncontrolled Keywords: TREPANG FISHERIES
Subjects: Q Science
S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
V Naval Science
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
BINTI RUMIYATI, 141011009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Dewi Masithah,, Dr. Ir., MP.UNSPECIFIED
Thesis advisorJuni Triastuti,, Rr. S.Pi.UNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 04 Sep 2014 12:00
Last Modified: 24 Sep 2016 04:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26292
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item