PERBANDINGAN UNSUR HARA NTROGEN DAN FOSFOR TANAH TERHADAP JENIS KEANEKARAGAMAN MANGROVE DI MUARA SUNGAI GUNUNG ANYAR SURABAYA DAN BANCARAN BANGKALAN

SLAMET ANDRIAWAN, 141011032 (2014) PERBANDINGAN UNSUR HARA NTROGEN DAN FOSFOR TANAH TERHADAP JENIS KEANEKARAGAMAN MANGROVE DI MUARA SUNGAI GUNUNG ANYAR SURABAYA DAN BANCARAN BANGKALAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
ANDRIAWAN, SLAMET.pdf

Download (799kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu unsur hara yang terkandung dalam sedimen tanah di ekosistem mangrove adalah nitrogen dan fosfor. Pada dasarnya menurut Harahab (2010) serasah yang dihasilkan oleh hutan mangrove antara lain mengandung N dan P yang tinggi. Mahmudi (2010) menjelaskan bahwa unsur hara yang dihasilkan dari proses dekomposisi serasah di dalam tanah sangat penting dalam pertumbuhan mangrove dan sebagai sumber detritus bagi ekosistem laut dan estuari dalam menyokong kehidupan berbagai organisme akuatik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, keanekaragaman serta perbandingan unsur hara nitrogen dan fosfor tanah terhadap jenis keanekaragaman mangrove di muara sungai Gunung Anyar Surabaya dan Bancaran Bangkalan. Hasil sampel tanah di analisis menggunakan uji T untuk mengetahui perbedaan unsur N dan P. Data vegetasi mangrove diambil dengan menggunakan metode transek kuadrat berukuran (10 x 10) m2 untuk kriteria pohon, (5 x 5) m2 untuk kriteria pancang dan (1 x 1) m2 untuk kriteria semai. Hasil dari pengambilan sampel tanah di dua lokasi penelitian tersebut tidak ada perbedaan yang nyata (P < 0,05) antara unsur hara N dan P tanah, dimana kandungan N dan P tertinggi terdapat di stasiun E sebesar 0,295 mg/g dan 0,233 mg/g. Mangrove yang ditemukan terdiri dari tujuh spesies yaitu A. marina, A. alba, S. alba, A. ebracteatus, A. ilicifolius, R. apiculata, dan B. gymnorrhiza. Keanekaragaman mangrove di lokasi penelitian muara sungai Gunung Anyar untuk kriteria pohon dan pancang rendah dengan H’ sebesar 0,9183 dan 0,9224 untuk kriteria semai keanekaragamannya melimpah dengan H’ sebesar 1,1912. Sedangkan keanekaragaman mangrove di lokasi penelitian muara sungai Bancaran untuk kriteria pohon dan semai rendah dengan H’ sebesar 0,8335 dan 0,2868 untuk kriteria pancang keanekaragamannya melimpah dengan H’ 1,2265.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC. KK. PK. BP. 58-14 And p
Uncontrolled Keywords: MANGROVE; ECOSYSTEM
Subjects: S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
V Naval Science
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
SLAMET ANDRIAWAN, 141011032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBoedi Setya Rahardja,, Ir., MP.UNSPECIFIED
Thesis advisorMochammad Amin Alamsjah, Ir., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 08 Sep 2014 12:00
Last Modified: 24 Sep 2016 03:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26297
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item