PEMANFAATAN TEPUNG KEONG MAS (Pomacea canaliculata) SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG IKAN PADA PAKAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) TERHADAP NILAI KECERNAAN SERAT KASAR DAN BAHAN EKSTRAK TANPA NITROGEN (BETN)

FARAH SITTA DEWI, 141011092 (2014) PEMANFAATAN TEPUNG KEONG MAS (Pomacea canaliculata) SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG IKAN PADA PAKAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) TERHADAP NILAI KECERNAAN SERAT KASAR DAN BAHAN EKSTRAK TANPA NITROGEN (BETN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
DEWI, FARAH SITTA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang vannamei (Litopenaeus vannamei) merupakan salah satu komoditas bernilai ekonomis tinggi yang produksi budidayanya selalu meningkat. Pakan memegang peranan penting dalam proses budidaya. Tepung ikan merupakan salah satu sumber protein terbaik untuk pakan, tetapi harganya relatif mahal. Pemanfaatan tepung keong mas yang dapat menggantikan fungsi tepung ikan sebagai penghasil protein hewani dalam pakan diharapkan mampu menekan biaya pakan. Kualitas pakan ditunjukkan melalui nilai kecernaan nutrisi dari pakan. Karbohidrat merupakan salah satu komposisi nutrisi yang diperlukan dalam pembuatan pakan. Karbohidrat dalam sistematika susunan zat-zat makanan dipisahkan menjadi serat kasar dan Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen (BETN). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi tepung ikan dengan menggunakan tepung keong mas terhadap nilai kecernaan serat kasar dan Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen (BETN) udang vannamei (Litopenaeus vannamei). Penelitian ini menggunakan 4 perlakuan yaitu pakan P0 (Tepung ikan 40% + Tepung keong mas 0%), pakan P1 (Tepung ikan 30% + Tepung keong mas 10%), pakan P2 (Tepung ikan 20% + Tepung keong mas 20%) dan pakan P3 (Tepung ikan 10% + Tepung keong mas 30%) dengan ulangan sebanyak 5 kali. Metode pengukuran nilai kecernaan yang digunakan adalah metode tidak langsung dengan menggunakan indikator. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Variabel yang diamati adalah kecernaan serat kasar, dan kecernaan bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN). Berdasarkan hasil penelitian dapat terlihat bahwa pemanfaatan tepung keong mas (Pomacea canaliculata) sebagai substitusi tepung ikan pada pakan udang vannamei (Litopenaeus vannamei) tidak terdapat pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap nilai kecernaan serat kasar dan Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen BETN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC. KK. PK. BP. 61-14 Dew p
Uncontrolled Keywords: FISH FEED AND FEEDING
Subjects: R Medicine
S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
FARAH SITTA DEWI, 141011092UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorAnam Al Arif,, Dr. H. M. M.P., drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 08 Sep 2014 12:00
Last Modified: 24 Sep 2016 03:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26300
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item