PENGARUH KONSENTRASI PUPUK DAUN TURI PUTIH (Sesbania grandiflora) TERHADAP POPULASI Chlorella sp.

MAULIDA ROSA UMAINANA, 060810451P (2013) PENGARUH KONSENTRASI PUPUK DAUN TURI PUTIH (Sesbania grandiflora) TERHADAP POPULASI Chlorella sp. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Chlorella sp. adalah salah satu pakan alami dalam pembenihan ikan laut karena kandungan protein yang tinggi dan mudah dicerna. Nutrien makro dan mikro dalam media kultur Chlorella sp. sangat penting untuk mendapatkan nilai produktivitas kultur yang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrien dari Chlorella sp. Sesbania grandiflora merupakan kelompok tanaman legum memiliki kemampuan bersimbiosis dengan bakteri Rhizobium leguminoserum yang mampu mengikat unsur nitrogen dari udara. Kandungan unsur kimia dalam S. grandiflora secara kualitatif dan kuantitatif dapat memenuhi kebutuhan unsur makro dan mikro yang sangat penting bagi pertumbuhan Chlorella sp. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pupuk S. grandiflora terhadap populasi Chlorella sp. dan konsentrasi optimal pupuk S. grandiflora pada kultur Chlorella sp. Penelitian dilakukan pada bulan April di Laboratorium Basah Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga Surabaya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dilanjutkan dengan uji Jarak Berganda Duncan. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Chlorella sp. yang dikultur pada medium 1 L dengan 7 perlakuan dan 4 ulangan. Konsentrasi pupuk S. grandiflora yang diberikan dalam penelitian yaitu, A (1 ml/L), B (2 ml/L), C (3 ml/L), D (4 ml/L), E (5 ml/L), F (6 ml/L) dan K (kontrol Walne 1 ml/L) Parameter utama yang diamati adalah populasi Chlorella sp., sedangkan parameter pendukung yang diamati adalah suhu, pH dan salinitas. Hasil analisis varian (ANAVA) yang dilakukan mulai hari pertama hingga kesebelas menunjukkan bahwa setiap perlakuan pupuk S. grandiflora memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap populasi dari Chlorella sp. (p<0,05). Populasi tertinggi Chlorella sp. terdapat pada perlakuan K (10,5x105 sel/ml) yang terjadi pada pada hari kesepuluh diikuti oleh perlakuan B (10,4x105 sel/ml) dan perlakuan C (9,5x105 sel/ml) yang terjadi pada hari kesepuluh. Pupuk daun Sesbania grandiflora konsentrasi 2 ml/L dapat digunakan sebagai pupuk Chlorella sp. menggantikan pupuk walne. Kualtas air selama penelitian yaitu suhu air berkisar antara 28-32oC, suhu ruang selama penelitian berkisar antara 29-33oC, salinitas berkisar antara 30-55 ppt dan pH berkisar 7-9,8 masih dalam kisaran optimal kultur Chlorella sp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 53/12 Uma p
Uncontrolled Keywords: POPULATION
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.5-334.7 Fishery technology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
MAULIDA ROSA UMAINANA, 060810451PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorA. Shofy MubarakUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 22 Jan 2013 12:00
Last Modified: 12 Aug 2016 05:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26381
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item