PENGARUH RELIGIUSITAS DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP SIKAP ISTIQOMAH NASABAH PRODUK TABUNGAN PADA BANK MUAMALAT CABANG DARMO SURABAYA

ILHAM NOER ASHADI, 040710458 (2014) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP SIKAP ISTIQOMAH NASABAH PRODUK TABUNGAN PADA BANK MUAMALAT CABANG DARMO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-ashadiilha-35445-5.abst-k.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
2648.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang kondisi perkembangan bank syariah yang belum mampu mengimbangi bank konvensional. Walaupun faktor utama nasabah mempertahankan hubungannya agar tetap istiqomah pada bank syariah adalah ketaatan mereka terhadap prinsip-prinsip syariah (religiusitas). Namun perubahan lingkungan bisnis yang berkembang cepat menjadi salah satu penyebab perlunya peninjauan ulang terhadap faktor tersebut. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh religiusitas dan kualitas layanan baik secara simultan maupun secara parsial, terhadap sikap istiqomah nasabah produk tabungan pada Bank Muamalat Cabang Darmo Surabaya?”. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 responden nasabah produk tabungan pada Bank Muamalat Cabang Darmo Surabaya dengan menggunakan metode accidental sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Teknik analisa data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh religiusitas dan kualitas layanan baik secara simultan maupun secara parsial, terhadap sikap istiqomah nasabah produk tabungan pada Bank Muamalat Cabang Darmo Surabaya. Hasil tersebut tercermin dari sikap consistence nasabah untuk bertransaksi dengan menggunakan tabungan syariah karena Bank Muamalat menjamin kehalalannya. Sikap tersebut muncul akibat dari pengaruh tingkat kepatuhan nasabah dalam melaksanakan ibadah wajib (sholat wajib 5 waktu, puasa ramadhan, dan zakat) dan keramahan dan kesopanan karyawan Bank Muamalat Cabang Darmo Surabaya dalam melayani nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI.01/15 Ash p
Uncontrolled Keywords: quality of service
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
ILHAM NOER ASHADI, 040710458UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFatin Fadhilah Hasib, SE., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 04 Feb 2015 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 16:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2648
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item