PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK KORBAN KEKERASAN ORANG TUA DARI MASA KANAK HINGGA DEWASA MENURUT PERPEKTIF TEORI KEPRIBADIAN PSIKOANALISIS SOSIAL KAREN HORNEY

WIWID JUMROTUL ULA, 110210058 (2007) PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK KORBAN KEKERASAN ORANG TUA DARI MASA KANAK HINGGA DEWASA MENURUT PERPEKTIF TEORI KEPRIBADIAN PSIKOANALISIS SOSIAL KAREN HORNEY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2007-ulawiwidju-5402-psi460-t.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-ulawiwidju-5402-psi4607.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Mengungkap perkembangan kepribadian korban kekerasan orang tua dari masa kanak-kanak hingga dewasa menurut perpektif teori kepribadian Psikoanalisis Sosial Karen Horney dan untuk memahami bagaimana cara individu yang mengalami kekerasan ketika kecil untuk bertahan menghadapi setiap permasalahan yang dihadapi dalam hidupnya. Menurut Karen Horney seorang anak akan tumbuh menjadi seseorang yang neurotic ketika ia mendapatkan kekerasan,pengabaian dan sikap permusuhan dari orang tuanya, sehingga digunakannya satu pedekatan yaitu Psikoanalisis Sosial Karen Horney. Berdasarkan teori Karen Horney maka individu yang di masa kecilnya akan mengalami basic anxiety yang selalu muncul bersama dengan basic hostility. Sehingga mereka akan mengalami konflik intrapsikis pada diri mereka, sedangkan dengan lingkungannya akan mengalami gaya dan konflik interpersonal. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tipe studi kasus yang akan digunakan dalam penulisan ini adalah studi kasus instrinsik. Yang menjadi kriteria subjek penelitian ini adalah individu yang di masa kecilnya mendapatkan kekerasan dari orang tuanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.46/07 Ula p
Uncontrolled Keywords: CHILD PSYCHOLOGY; PERSONALITY; SOCIAL PSYCHOANALYSIS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
WIWID JUMROTUL ULA, 110210058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI.Sanny Prakosa, S.Psi.,PsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 12 Nov 2007 12:00
Last Modified: 12 Jul 2017 17:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26604
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item