GERAKAN POLITIK IDENTITAS PETANI TEBU: Studi Etnografi Gerakan Aksi Protes dan Perlawanan Petani Tebu Dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat (APTR) PT. Perkebunan Nusantara XI (Persero)

AKHMAD FATONI BUDIRAHARJO, 110210526 (2007) GERAKAN POLITIK IDENTITAS PETANI TEBU: Studi Etnografi Gerakan Aksi Protes dan Perlawanan Petani Tebu Dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat (APTR) PT. Perkebunan Nusantara XI (Persero). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2008-budiraharj-7103-psi120-t.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-budiraharj-7239-psi1208.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gerakan politik identitas petani tebu dalam wadah organisasi Asosiasi Petani Tebu Rakyat (APTR) PTPN XI. Politik identitas yang dimaksud adalah strategi yang ditempuh para petani tebu untuk menegaskan identitasnya sebagai salah satu stakeholders yang memegang peranan penting di tengah-tengah industri gula nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulalitatif dengan metode etnografi. Fokus penelitian ini meliputi tiga aspek utama, yaitu lokasi perjuangan, komunitas perlawanan, dan ruang politik. Lokasi perjuangan adalah landasan yang dipilih para petani tebu untuk menegaskan identitasnya sebagai salah satu stakeholders yang memegang peranan penting di tengah-tengah industri gula nasional. Komunitas perlawanan merupakan komunitas bersama yang menjadi basis perlawanan para petani tebu untuk menghadapi dominasi pemerintah, produsen, distributor dan importir gula dan meningkatkan barganing power diantara stakeholders industri gula yang lain. Ruang politik adalah jangkauan perjuangan, isu-isu, dan strategi yang dimunculkan petani tebu untuk mencapai ideal yang dicita-citakan. Subjek penelitian ditentukan secara purposif dengan mempertimbangkan lama keterlibatan dan peran yang dimainkan dalam gerakan organisasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui 4 tahap yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen dan analisis tema.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.12/08 Bud g
Uncontrolled Keywords: SOCIAL PSYCHOLOGY; CONFLICT
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF38-64 Philosophy. Relation to other topics,
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
AKHMAD FATONI BUDIRAHARJO, 110210526UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlham Nur Alfian, S.Psi.,M.PsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 05 Jun 2008 12:00
Last Modified: 12 Jul 2017 02:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26619
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item