PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ORANG YANG MENGALAMI KECENDERUNGAN GANGGUAN OBSESIF KOMPULSIF DALAM PERSPEKTIF TEORI PSIKOLOGI INDIVIDUAL ALFRED ADLER

Triana Budi Lestari, 110210540 (2006) PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ORANG YANG MENGALAMI KECENDERUNGAN GANGGUAN OBSESIF KOMPULSIF DALAM PERSPEKTIF TEORI PSIKOLOGI INDIVIDUAL ALFRED ADLER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2007-lestaritri-5269-kkbkk-2-k.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-lestaritri-5269-psi410-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kepribadian orang yang mengalarni kecenderungan gangguan obsesif kompulsif. Perkembangan kepribadian menurut Alfred Adler yaitu mengikuti penciptaan gaya hidup, yaitu keunikan individu yang merupakan gerakan yang konsisten terhadap tujuan-tujuan yang diciptakan sendiri semasa kanak-kanak. Obsesif kompusif yaitu obsesif merupakan suatu keadaan berupa gagasan, bayangan, pikiran atau impuls (dorongan perbuatan) yang bersifat persisten, berulang-ulang dan tidak dapat dikontrol yang menyebabkan kecemasan. Sedangkan Kompulsif merupakan perilaku berulang akibat pikiran-pikiran yang irrasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus instrinsik, yaitu penelitian yang dilakukan karena ketertarikan atau kepedulian pada suatu studi kasus khusus. Kriteria subyek penelitian ini yaitu: (1). Subyek termasuk penderita gangguan obsesif kompulsif, dimana gejala-gejalanya sesuai dengan PPDGJ-III dan DSM-IV. (2) Subyek berada pada masa dewasa awal (usia 20-29 tahun). Hal ini dikarenakan dalam APA (1994) dikatakan bahwa penderita obsesif kompulsif menampakkan perilakunya dan menjadi masalah serius ketika mereka berusia belasan atau dua puluhan. (3).Subyek penelitian berdomisili didaerah Surabaya dan disekitarnya. (4).Subyek bersedia untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Dari keriteria tersebut terpilih 4 orang yang dianggap representatif untuk menjadi subyek dalam penelitian ini. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tematik, dengan menggunakan koding dari hasil transkrip wawancara yang telah diverbatim. Teknik analisis ini terdiri dari tiga tahapan yaitu: open koding, axial koding, selective koding.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 41/07 Les p
Uncontrolled Keywords: PERSONALITY; CHILD PSYCHOLOGY
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Triana Budi Lestari, 110210540UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI.Sanny P. Wardhana, S.Psi.,PsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 25 Sep 2007 12:00
Last Modified: 17 Jul 2017 00:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26642
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item