PERBEDAAN KECEMASAN PRIA LANJUT USIA YANG TERLIBAT AKTIVITAS DI ORGANISASI DENGAN YANG TIDAK TERLIBAT AKTIVITAS DI ORGANISASI PADA PENSIUNAN PNS KOTA LAMONGAN

Dyah Puspitasari Budiyono, 110210054 (2007) PERBEDAAN KECEMASAN PRIA LANJUT USIA YANG TERLIBAT AKTIVITAS DI ORGANISASI DENGAN YANG TIDAK TERLIBAT AKTIVITAS DI ORGANISASI PADA PENSIUNAN PNS KOTA LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
13.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2007-budiyonody-5391-psi5107.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari jawaban secara ilmiah mengenai perbedaan kecemasan pria lanjut usia yang terlibat aktivitas di organisasi dengan yang tidak terlibat aktivitas di organisasi pada pensiunan PNS Kota Lamongan. Hipotesis kerja yang diajukan berbunyi: Ada perbedaan kecemasan pria lanjut usia yang terlibat aktivitas di organisasi dengan yang tidak terlibat aktivitas di organisasi pada pensiunan PNS Kota Lamongan. Penelitian ini merupakan tipe penelitian penjelasan (explanatory research), dan berdasarkan pendekatannya termasuk dalam penelitian kuantitatif Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pensiunan pegawai negeri sipil kota Lamongan. Subyek penelitian (diperoleh dengan sampling purposive) dengan kriteria pria lanjut usia (N = 92) yang berusia 60-70 tahun, tingkat pendidikan minimal SMU. Dari 92 subyek penelitian, yang terlibat organisasi berjumlah 43 orang sedangkan yang tidak terlibat oraganisasi sebanyak 49 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data antara lain kuisoner kecemasan dan data diri subyek. Untuk menguji validitas kuisoner kecemasan menggunakan validitas isi dan validitas item. Reliabilitas diuji dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach dan penghitungannya menggunakan program SPSS versi 11.0 for windows. Teknik analisis data yang digunakan oleh penulis adalah teknik statistik Mann-Whitney U-Test.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 51/07 Bud p
Uncontrolled Keywords: OLD AGE (PSYCHOLOGY);ORGANIZATIONAL CULTURE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Dyah Puspitasari Budiyono, 110210054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudaryono, Drs.,SUUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 23 Oct 2007 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 20:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26712
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item