PEMAKAIAN DIKSI DAN GAYA BAHASA DALAM BUKU IN BED WITH MODELS KARYA MOAMMAR EMKA

KARTIKA TRI FARDIANI, 120510985 (2010) PEMAKAIAN DIKSI DAN GAYA BAHASA DALAM BUKU IN BED WITH MODELS KARYA MOAMMAR EMKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-fardianika-16522-fsbi37-k.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-fardianika-13884-fsbi37-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul ”Pemakaian Diksi dan Gaya Bahasa dalam Buku In Bed with Models Karya Moammar Emka”, bertujuan untuk memberikan gambaran dan mengetahui ragam bahasa yang terkait dengan diksi dan gaya bahasa dalam buku tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat yaitu menambah wawasan dan pemahaman bagi pembaca akan pemakaian diksi (pilihan kata) dan gaya bahasa dalam buku In Bed with Models. Selain itu, pembaca dapat mengetahui adanya pemakaian bahasa yang ada dalam komunitas tertentu, yaitu komunitas model, yang digunakan untuk menunjang komunikasi efektif. Perihal yang dijelaskan meliputi pemakaian diksi yaitu terdapat unsurunsur bahasa Jawa, bahasa asing (Inggris), dan bahasa Indonesia dialek Jakarta. Selain itu terdapat lima gaya bahasa yang digunakan di dalam buku tersebut dari dua puluh delapan gaya bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan semata-mata hanya berdasarkan fakta yang ada atau fenomena yang memang ada. Pemerolehan data dilakukan dengan teknik simak dan teknik catat, serta mengklasifikasikan data berdasarkan diksi dan gaya bahasa yang ada di dalam buku In Bed with Models sebagai objek penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat penggunaan bahasa yang khas dalam buku In Bed with Models, yaitu terdapat kosakata bentukan sendiri. Hal ini juga terbukti dari pemakaian diksi dan gaya bahasa yang bervariasi, terutama penggunaan selingan-selingan dalam bahasa Jawa, bahasa asing (Inggris), dan bahasa Indonesia dialek Jakarta. Terdapat pula beberapa macam gaya bahasa kiasan, gaya bahasa retoris, dan gaya bahasa berdasarkan struktur kalimatnya yang ada dalam buku In Bed with Models. Perihal tersebut mengarah pada seksualitas dan uang yang terdapat dalam suatu komunitas atau kalangan tertentu yaitu para model, sehingga menjadikan buku tersebut menarik dan berbeda dari buku lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 37/ 10 Far p
Uncontrolled Keywords: INDONESIAN LANGUAGE
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
KARTIKA TRI FARDIANI, 120510985UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBea Anggraini, S.S., M. Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 17 Mar 2011 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 03:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26983
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item