PEMAKAIAN DIKSI DAN GAYA BAHASA DALAM REPORTASE "JAKARTA UNDERCOVER: SEX'n THE CITY" KARYA MOAMMAR EMKA

UMI HARIYATI, 120510874 (2010) PEMAKAIAN DIKSI DAN GAYA BAHASA DALAM REPORTASE "JAKARTA UNDERCOVER: SEX'n THE CITY" KARYA MOAMMAR EMKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-hariyatium-16530-fsbi32-k.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-hariyatium-13890-fsbi32-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul ”Pemakaian Diksi dan Gaya Bahasa dalam Reportase Jakarta Undercover, Sex ’n the City Karya Moammar Emka” bertujuan mendeskripsikan beberapa diksi (pilihan kata) dan gaya bahasa dalam buku reportase Jakarta Undercover, Sex ’n the City. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini terdapat pada buku reportase Jakarta Undercover: Sex ’n the City karya Moammar Emka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang dilakukan sematamata hanya berdasarkan fakta yang ada atau (fenomena yang secara empiris hidup pada penutur-penuturnya), penelitian ini menggambarkan diksi dan gaya bahasa yang terdapat pada buku reportase Jakarta Undercover: Sex ’n the City karya Moammar Emka. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik catat. Dalam metode ini penulis menyimak data kebahasaan dengan cara menyimak penggunaan bahasa (isi teks) yang ada pada buku reportase “Jakarta Undercover: Sex ‘n the City”. Kemudian dicatat dan diseleksi sehingga dapat dijadikan data untuk penelitian. Langkah selanjutnya yakni menganalisis data, data yang telah diperoleh kemudian diidentifikasi dan dianalisis berdasarkan teori yang dipaparkan pada Bab I. Hasil penelitian dengan judul ”Pemakaian Diksi dan Gaya Bahasa dalam Reportase Jakarta Undercover: Sex ’n the City Karya Moammar Emka” menunjukkan adanya pemakaian diksi dan gaya bahasa. Penggunaan diksi meliputi: penghalusan bahasa baik menggunakan istilah asing atau istilah Indonesia, pemakaian bahasa Jawa, pemakaian bahasa gaul, idiom dan pemakaian serapan bahasa Inggris, serta gaya bahasa yang terdapat pada buku reportase tersebut antara lain: gaya bahasa perumpamaan atau simile, gaya bahasa personifikasi, gaya bahasa metafora, gaya bahasa hiperbola, gaya bahasa metonimia, gaya bahasa eponim dan gaya bahasa repetisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 32/ 10 Har p
Uncontrolled Keywords: REPORTASE
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
UMI HARIYATI, 120510874UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Handayani, Dra. , M. Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 17 Mar 2011 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 03:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26985
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item