Dampak Perkawinan Antarbudaya Terhadap Psikologis Tokoh Janice dalam Novel Rojak Karya Fira Basuki (Kajian Psikologi Lintas-Budaya)

VIDA RELLA SAHANA, 120210420 (2008) Dampak Perkawinan Antarbudaya Terhadap Psikologis Tokoh Janice dalam Novel Rojak Karya Fira Basuki (Kajian Psikologi Lintas-Budaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-sahanavida-13919-ABSTRAK.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sahanavida-13919-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mempunyai dua tujuan pertama, untuk mengetahui dan menjelaskan unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Rojak, khususnya tokoh penokohan, latar, dan tema. Kedua, mengetahui unsur ekstrinsik yang terdapat dalam novel Rojak, dalam hal ini peneliti ingin mengetahui dan memaparkan deskripsi gejala-gejala suatu keguncangan psikologis akibat kontak antar-budaya yang dialami oleh tokoh utama. Teori yang dimanfaatkan untuk menganalisis dalam penelitian ini adalah teori struktural dan pendekatan psikologi lintas-budaya. Kedua hal tersebut saling melengkapi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kepustakaan. Dalam meneliti teks, peneliti memahami dan mengkonkretkan teks dengan relitas yang ada dalam masyarakat. Hasil ini dihubungkan dengan realitas sosial dan konteks sosial masyarakat. Hasil analisis, novel Rojak menggunakan latar negara Singapura. Tema dalam novel tersebut adalah rentetan perubahan sosio-cultural dialami tokoh utama diperankan Janice membawa dampak tersendiri bagi kejiwaannya. Perkawinan antar budaya oleh tokoh utamanya membawa dampak positif dan negatif. Dampak positif berupa kemandrian dan kesabaran sedangkan dampak negatif yang berupa frustasi, stres, konflik, dan depresi. Penelitian ini menggambarkan tentang pernikahan antar dua individu yang berbeda latar belakang budaya. Masing-masing Individu tersebut harus tetap bekerja keras memahami dan mengerti segala pandangan berbeda bahkan yang bertentangan dengan kepercayaan dan budaya yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 18/ 10 Sah d
Uncontrolled Keywords: WOMEN IN LITERATURE; NOVEL
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
VIDA RELLA SAHANA, 120210420UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHeru Supriyadi, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 18 Mar 2011 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 03:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26990
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item