FITRI RETNONINGTYAS, 120610139 (2010) TINDAK TUTUR ILOKUSI DAN WACANA PERSUASI DALAM IKLAN GERY SALUUT COKLUUT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-retnoningt-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (full text)
retno.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tindak tutur dalam Iklan Gery saluut cokluut memiliki latar belakang fenomena kebahasaan verbal. Tindak tutur akan menggambarkan isi dari iklan sehingga dapat diketahui penyampaian model atau figure dalam iklan ketika menyampaikan pesan dari produk yang ditawarkan. Penelitian ini menggunakan analisis tindak tutur Searle dan wacana persuasi. Analisis ini fokus pada tindak tutur sebagai objek analisis, memaknai tindak tutur dalam iklan tersebut serta menganalisis berbagi unsur-unsur pembentuk dalam iklan sesuai dengan struktur iklan. Adapun seri iklan Gery saluut cokluut di televisi yang dijadikan objek penelitian adalah iklan Gery saluut cokluut seri beli donk, iklan Gery saluut cokluut seri cafe, iklan Gery saluut cokluut seri reporter. Pengklasifikasian tindak tutur dilakukan berdasarkan tindak tutur verbal. Tindak tutur verbal akan melihat bagaimana tuturan dari Vo atau suara dalam iklan, baik suara oleh narator maupun model. Analisis verbal juga dilihat dari slogan atau tulisan dalam super imposed iklan, sedangkan pengklasifikasian wacana persuasi dilakukan selain dari data verbal juga dari data sound effect dan visual effect. Penelitian ini memberikan pengetahuan melalui pemaparan fakta yang ada di masyarakat bahwa selama ini masyarakat hanya mengetahui satu sudut pandang saja akan adanya suatu iklan, yaitu bahwa iklan hanya bertujuan membujuk konsumen untuk melakukan tindakan membeli tanpa mengetahui unsur lain yang digunakan untuk mencapai tujuan itu, pada kenyataannya dibalik iklan juga terdapat fungsi komunikatif dari tindak tutur ilokusi yang saling mendukung dengan wacana persuasi. Simpulan dari penelitian ini bahwa iklan Gery saluut cokluut mempengaruhi dengan fungsi komunikatif tindak tutur ilokusi pada tiap tuturannya yang didukung dengan adanya super imposed, visual effect, dan sound effect. Penciptaan daya persuasi yang kuat dari setiap unsur pembangun pada iklan akan menimbulkan effect yang baik seperti yang diinginkan oleh pembuat iklan yaitu tertariknya para konsumen yang tujuan akhirnya dapat menggerakkan mereka agar membeli produk yang ditawarkan pada iklan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS BI 50/ 10 Ret t | ||||||
Uncontrolled Keywords: | ADVERTISING | ||||||
Subjects: | P Language and Literature | ||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mrs Nadia Tsaurah | ||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 06 Jul 2017 18:22 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26996 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |