VARIASI DIALEK BAHASA JAWA DI WILAYAH KABUPATEN NGAWI: Kajian Dialektologi

IKA MAMIK RAHAYU, 120810260 (2012) VARIASI DIALEK BAHASA JAWA DI WILAYAH KABUPATEN NGAWI: Kajian Dialektologi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perbedaan dialek yang ada dalam sebuah bahasa dapat diketahui dengan jelas apabila dilakukan pengkajian secara dialektologi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk variasi dialektal bahasa Jawa yang muncul dalam interaksi masyarakat di wilayah Kabupaten Ngawi dilihat dari variasi fonologis dan leksikal; (2) Menganalisis dan menggambarkan pola pemetaan dialek di wilayah Kabupaten Ngawi dengan melihat pada variasi fonologis dan leksikalnya. Untuk mencapai tujuan itu digunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik SBLC (simak bebas libat cakap) dan SLC (simak libat cakap). Pada penelitian ini digunakan daftar tanyaan yang terdiri atas 250 gloss dengan dilakukan sistem cross chek data. Berdasarkan perhitungan dari seluruh daftar tanyaan yang telah diajukan pada informan diperoleh hasil sebagai berikut, ditemukan adanya 23 variasi fonologis dan 47 variasi leksikal yang muncul pada daerah pengamatan. Selain itu juga ditemukan beberapa dialek khas Ngawi, dialek yang muncul ini diasumsikan dapat membedakan dialek Ngawi dengan dialek wilayah lain. Deskripsi bentuk-bentuk linguistik pada dialek Ngawi menunjukkan banyaknya bentuk bahasa Jawa yang cenderung mengacu pada dialek Jawa Tengah, meskipun letaknya termasuk pada wilayah Jawa Timur. Bahasa Indonesia juga mulai berkembang dan digunakan dalam komunikasi masyarakat sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.20 12 Rah v
Uncontrolled Keywords: DIALECT
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
IKA MAMIK RAHAYU, 120810260UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEddy Sugiri,, Drs. M. Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 07 Nov 2012 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 06:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27083
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item