BENTUK, MAKNA, DAN FUNGSI REGISTER TNI AD DI BEKANGDAM V BRAWIJAYA SURABAYA SUATU KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

TUTUT PRASETYA, 120810091 (2012) BENTUK, MAKNA, DAN FUNGSI REGISTER TNI AD DI BEKANGDAM V BRAWIJAYA SURABAYA SUATU KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-prasetyatu-21732-7.abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
344.gdlhub-gdl-s1-2012-prasetyatu-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Register TNI Angkatan Darat sengaja dibuat untuk menyamarkan makna yang sesungguhnya dari pihak musuh. Pembentukan register TNI Angkatan Darat berbeda dengan pembentukan kata yang lain. Ciri-ciri yang membedakannya terletak pada pola pembentukan, pola pemaknaan, dan fungsi penggunaan register TNI Angkatan Darat. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kerahasiaan kegiatan yang mereka lakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik simak bebas libat cakap. Teknik ini dilakukan dengan bertemu langsung, bertatap muka, atau bertemu muka antara peneliti dengan narasumber atau yang disebut informan, hal ini bertujuan untuk memperoleh data yang lengkap. Selain itu juga digunakan teknik rekam dengan wawancara tidak berstruktur yaitu cara untuk mendapatkan informasi secara lisan dari informan tentang ragam register TNI Angkatan Darat. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah ditemukannya bentuk penggunaan register TNI Angkatan Darat, pola pembentukan kata, pola pemaknaan dengan menggunakan pola asosiasi makna, dan fungsi penggunaan register yang digunakan oleh para anggota TNI Angkatan Darat di Bekangdam V Brawijaya Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.36/12 Pra b
Uncontrolled Keywords: SOCIOLINGUISTIC
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
TUTUT PRASETYA, 120810091UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Jalal, , S.S., M. Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 14 Dec 2012 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 07:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27153
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item