AYU RESTI WIDAYANTI, 120810081 (2012) TINDAK TUTUR PENGHARGAAN ANTARA GURU DAN SISWA DALAM BELAJAR MENGAJAR DI SMP NEGERI 2 BRINGIN KABUPATEN NGAWI : KAJIAN PRAGMATIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-widayantia-21731-7.abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT)
345.gdlhub-gdl-s1-2012-widayantia-FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tutur penghargaan guru kepada siswa di SMP Negeri 2 Bringin. Secara khusus penelitian ini bertujuan (1) Mendiskripsikan cara guru dalam memberikan penghargaan kepada siswa di SMP Negeri 2 Bringin, (2) mendeskripsikan wujud tindak tutur penghargaan antara guru kepada siswa di SMP Negeri 2 Bringin, dan (3) mendeskripsikan fungsi tindak tutur penghargaan guru dan siswa di SMP Negeri 2 Bringin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data penelitian berupa kata, frasa, kalimat dan wacana tindak tutur penghargaan bahasa Indonesia dalam interaksi belajar mengajar. Data penelitian bersumber dari interaksi bertatap muka resmi antara guru - siswa . Subjek penelitian ini berjumlah sepuluh guru berbagai mata pelajaran dan lima belas siswa dari kelas delapan. Data dikumpulkan dengan teknik-teknik observasi, wawancara, perekaman, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan selama dan setelah pengumpulan data dengan menggunakan teknik interaktif dari Milles & Huberman. Hasil penelitian secara singkat dipaparkan berikut. Hasil penelitian pertama, terdapat lima cara interpretasi penggunaan ilokusi penghargaan, yakni (1) cara menguatkan, (2) cara memerintah, (3) cara basa-basi, (4) cara mengkritik, (5) cara menyetujui. Hasil penelitian kedua, terdapat dua wujud yaitu (1) wujud tutur penghargaan yang langsung dan tidak langsung, (2) wujud tutur penghargaan berdasarkan fokus personal dan impersonal. Hasil penelitian ketiga, terdapat lima fungsi penghargaan yakni (1) memperhalus perintah, (2) memperhalus teguran, (3) memberikan penguatan, (4) menyapa, dan (5) penerimaan siswa. Hasil penelitian ini memberikan kegunaan bagi pihak-pihak terkait, yakni (1) pengembang keilmuan, (2) guru, (3) sekolah, dan (4) perancang kurikulum. Dari hasil ini disarankan kepada pihak-pihak terkait untuk menindaklanjuti hasil penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS.BI.35/12 Wid t | ||||||
Uncontrolled Keywords: | PRAGMATICS | ||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC4001-4806.5 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth | ||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Yuliana Ariandini Ayuningtyas | ||||||
Date Deposited: | 14 Dec 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 23 Sep 2016 07:40 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27154 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |