PENGGUNAAN REGISTER PROFESI BIDAN DI KLINIK DAN RUMAH BERSALIN DELTA MUTIARA SUKODONO SIDOARJO

AMINANTI DINI SHAHAMATUN, 120911128 (2013) PENGGUNAAN REGISTER PROFESI BIDAN DI KLINIK DAN RUMAH BERSALIN DELTA MUTIARA SUKODONO SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-shahamatun-27773-5.abstr-k.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BI.26-13 Sha p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan Register Profesi Bidan di Klinik dan Rumah Bersalin Delta Mutiara Sukodono-Sidoarjo ini sudah menerapkan salah satu pemakaian variasi bahasa register bidan. Fungsinya untuk memudahkan proses komunikasi ‘intern’ mereka. Bahasa register profesi bidan ini memiliki perbedaan (ciri khas) bila dibandingkan dengan bahasa-bahasa lain terutama dari segi bentuknya. Penggunaan register profesi bidan tersebut yang bertujuan mengetahui gamabaran secara umum bentuk, fungsi, dan faktor peristiwa variasi kebahasaan dalam berkomunikasi baik dalam bekrja maupun dalam sehari-hari dengan sesama profesi, serta mengetahui arah peralihan dan pencampuran bahasa yang terdapat dalam peristiwa tuturan tersebut. Pembicaraan khusus antara bidan menarik minat peneliti untuk meneliti Pengguanaan Bahasa Register Bidan di Klinik dan Rumah Bersalin Delta Mutiara Sukodono- Sidoarjo, khususnya yang berhubungan dengan penggunaan bahasa register bidan tersebut bagi penutur-penuturnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan anaisis yang kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak, rekam, dan catat. Sebelum di analisis data-data yang sudah terkumpul di transkripsikan dan di klasifikasi menurut pola bentuk penggunaan register profesi bidan di Klinik dan Rumah Bersalin Delta Mutiara Sukodono Sidoarjo dengan menggunakan teori speaking Hymes yaitu setting and scene, participants, ends, act sequence, key, instrumentalities, norms, genre dan teori pembentukan istilah Kridalaksana yaitu bentuk kata, abreviasi, dan frasa. Hasil dari penelitian ini adalah di temukannya penggunaan register bentuk dan makna kata asing, frasa asing, dan abreviasi berupa akronim dan singkatan register profesi bidan. Kemudian ditemukannya faktor dan fungsi dari penggunanan register profesi bidan di klinik dan rumah bersalin di Delta Mutiara Sukodono-Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 26/13 Sha p
Uncontrolled Keywords: REGISTER PROFESI BIDAN
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P221 Phonology and Phonetics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
AMINANTI DINI SHAHAMATUN, 120911128UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Handayani,, Dra., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 28 Oct 2013 12:00
Last Modified: 05 Aug 2016 03:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27250
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item