KlTAB FlQIHH: EDISI TEKS DAN ANALISIS INTERTEKS

NASIKHATUL ULLA AL JAMILLIYATI, 120911009 (2013) KlTAB FlQIHH: EDISI TEKS DAN ANALISIS INTERTEKS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-jamilliyat-27792-3.abstr-k.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BI.32-13 Jam k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Naskah Kitab Fikih merupakan naskah Islam dengan aksara Jawa pegon yang berbentuk prosa dan berbahasa Arab. Kilah Fikih merupakan koleksi Padepokan Poesponegoro, Prigen-Pasuruan. Kitab Fikih memuat tentang hukum-hukum Islam terutama pada tuntunan Islam. Tujuan dari pcnelitian ini adalah untuk menghasilkan suntingan yang representatif, dan teIjemahan teks dalam bahasa Jndonesia, serta mengungkapkan makna ajaran di dalam teks Kitab Fikih serta analisis intertcks. Metode pencarian naskah yang dilakukan di Padepokan Poesponegoro. menggunakan metode studi di lapangan yang meliputi observasi, wawancara. transkripsi. Penelitian yang digunakan adalah metode suntingan teks edisi standar. Metode teks edisi standar yaitu menerbitkan satu naskah dengan menghilangkan sedapat mungkin hambatan dalam pembacaan dan pemahaman teks, sehingga suatu teks dan digunakan oleh pembaca lain. Hasil dari suntingan edisi standar, menghasilkan suntingan teks Kilah Fikih dalam wujud teks yang baik, bersih dari kesalahan tulis atau salin. Kesalahan salin atau tulis berupa 10 lakuna. Hasil dari suntingan edisi standar dan terjemahan, dianalisis menggunakan tcori Riffatere. Analisis dengan teori Riffatere menitikberatkan pada inteneks yang mengungkapkan makna di dalam Kitab Fikih. Tema dan ajaran Islam yang terkandung dalam teks Kilab Fikih menerangkan tentang tuntunan Islam yaitu hukum syari'at terbagi lima meliputi: wajib, mubah, sunnah, makruh, haram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 32/13 Jam k
Uncontrolled Keywords: KITAB FIQIH
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
Creators:
CreatorsNIM
NASIKHATUL ULLA AL JAMILLIYATI, 120911009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMochtar Lutfi ,, S.S., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 28 Oct 2013 12:00
Last Modified: 16 Aug 2016 02:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27256
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item