KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DI RSUD Dr. WAHIDIN SUDIRO HUSODO MOJOKERTO: KAJIAN PRAGMATIK

YUDI YANTO, 120911089 (2013) KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DI RSUD Dr. WAHIDIN SUDIRO HUSODO MOJOKERTO: KAJIAN PRAGMATIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-yantoyudi-27828-4.abstr-k.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BI.48-13 Yan k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan komunikasi terapeutik perawat adalah untuk membantu proses penyembuhan pasien. Kesantunan dalam komunikasi terapeutik perawat terwujud pada sikap dan bahasa yang dituturkan dengan sopan, santun, dan ramah pada saat asuhan keperawatan. Penelitian yang berjudul “Kesantunan Berbahasa Dalam Komunikasi Terapeutik Perawat Di RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto” bertujuan memaparkan wujud kesantunan bahasa verbal dan bentuk penerapan prinsip kesantunan bahasa pada komunikasi terapeutik perawat kepada pasien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan metode deskriptif untuk mengetahui kesantunan bahasa yang digunakan perawat selama asuhan keperawatan kepada pasien. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode simak, metode ini dilakukan dengan cara menyimak bahasa yang digunakan perawat dalam berkomunikasi dengan teknik sadap dan catat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kesantunan berbahasa Brown & Levinson dan Prinsip Kesantunan Leech. Hasil dari penelitian ini ditemukan terdapat kesantunan bahasa verbal dan penerapan bentuk prinsip kesantunan yang digunakan perawat. Kesantunan bahasa verbal meliputi kesantunan dalam tindak direktif (imperatif, deklaratif, dan interogatif), panjang pendek tuturan, dan urutan tutur. Penerapan bentuk prinsip kesantunan ditemukan dalam lima maksim prinsip kesantunan, yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, dan maksim kesimpatisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 48/13 Yan k
Uncontrolled Keywords: KESANTUNAN BERBAHASA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
YUDI YANTO, 120911089UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi Wayan Sartini,, Dr., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 29 Oct 2013 12:00
Last Modified: 16 Aug 2016 04:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27272
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item