KATA SAPAAN KEKERABATAN ETNIS MADURA BERDASARKAN TINGKAT SOSIAL EKONOMI DALAM RANAH KELUARGA DI WILAYAH KABUPATEN BANGKALAN :KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

RIZAL RAKHMAT DWIANTO, 120710185 (2011) KATA SAPAAN KEKERABATAN ETNIS MADURA BERDASARKAN TINGKAT SOSIAL EKONOMI DALAM RANAH KELUARGA DI WILAYAH KABUPATEN BANGKALAN :KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-dwiantoriz-19480-fsbi29-k.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-dwiantoriz-16249-fsbi29-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kata sapaan kekerabatan pada etnis Madura berdasarkan latar belakang tingkat sosial ekonomi dalam ranah keluarga di wilayah Kabupaten Bangkalan dengan kajian sosiolinguistik. Secara umum, penelitian ini membahas bagaimanakah pengaruh latar belakang tingkat sosial yang meliputi pendidikan dan pekerjaan serta tingkat ekonomi yang meliputi pendapatan ekonomi pada ranah keluarga di wilayah Kabupaten Bangkalan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu memberikan gambaran mengenai suatu individu, keadaan bahasa, gejala atau kelompok tertentu dengan memaparkanya dalam bentuk-bentuk pemetaan. Berdasarkan hasil penelitian yang membahas tiga puluh sistem sapaan kekerabatan, ditemukan pengaruh penggunaan kata sapaan berdasarkan: tingkat pendidikan, pekerjaan dan tingkat pendapatan ekonomi penutur. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang mengarahkan pertanyaan-pertanyaan menyangkut kata sapaan kekerabatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 29/11 Dwi k
Uncontrolled Keywords: SOCIOLINGUISTIC; MADURESE LANGUAGE
Subjects: P Language and Literature > PJ Semitic > PJ6073-7144 Language
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
RIZAL RAKHMAT DWIANTO, 120710185UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEddy Sugiri, Drs. , M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 11 Aug 2011 12:00
Last Modified: 09 Aug 2016 07:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27714
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item