PEMAKAIAN BAHASA PADA KELUARGA PERKAWINAN CAMPURAN JAWA-MADURA DI KAMPUNG KALISARI KELURAHAN KALISARI KEC. MULYOREJO: SUATU KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

Ade Novalia, 120810252 (2011) PEMAKAIAN BAHASA PADA KELUARGA PERKAWINAN CAMPURAN JAWA-MADURA DI KAMPUNG KALISARI KELURAHAN KALISARI KEC. MULYOREJO: SUATU KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-novaliaade-19490-fsbi36-k.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2011-novaliaade-16260-fsbi36-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pemakaian Bahasa pada Keluarga Perkawinan Campuran Jawa-Madura di Kampung Kalisari Kelurahan Kalisari Kecamatan Mulyorejo: Suatu Tinjauan Sosiolinguistik” ini membahas tentang pemakaian bahasa yang digunakan oleh keluarga campuran di Kalisari terutama keluarga campuran Jawa-Madura dalam kehidupan sehari-hari serta faktor-faktor yang melatarbelakangi pemakaian bahasa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penggunaan metode ini dikarenakan oleh beberapa hal, yaitu; pertama, karena penelitian yang dilakukan merupakan realitas yang dalam masyarakat. Kedua, penelitian ini berdasarkan fakta yang ada yang memang secara nyata hidup pada penuturnya dan masyarakat sehingga data yang dihasilkan atau yang dicatat berupa paparan seperti apa adanya. Hasil penelitian dengan metode deskriptif kualitatif memperoleh gambaran bahwa bahasa yang digunakan para penutur yang memiliki latar belakang sosial, budaya dan kebiasaan berbeda-beda menyebabkan suatu bahasa bisa menjadi beragam atau bervariasi, hal tersebut juga tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi pemakaian bahasa tersebut, yaitu faktor-faktor sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 36 /11 Nov p
Uncontrolled Keywords: SOCIOLINGUISTIC
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P40 Sociolinguistics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Ade Novalia, 120810252UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoh. Jalal, , S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 11 Aug 2011 12:00
Last Modified: 09 Aug 2016 08:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27721
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item