A. Choliq Febriyanto (2015) Penerapan Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Analisa Pola Pembelian Pelanggan Studi Kasus : Toko Buku Petra Togamas Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (302kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (320kB) |
|
Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf Download (243kB) |
|
Text (BAB II)
4. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only until 27 February 2023. Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
5. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until 27 February 2023. Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
6. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until 27 February 2023. Download (623kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
7. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only until 27 February 2023. Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 27 February 2023. Download (817kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini adalah suatu penerapan association rule pada data transaksi penjualan Toko Buku Petra Togamas Surabaya. Aplikasi association rule ini dibangun dengan menggunakan algoritma apriori yang bertujuan untuk mempercepat proses analisis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pembelian pelanggan Toko Buku Petra Togamas Surabaya. Penerapan analisis data dengan association rule ini dibangun menggunakan beberapa tahap. Tahap yang pertama adalah pengumpulan data untuk mengindentifikasi input yang dibutuhkan dalam perhitungan metode association rule apriori. Tahap kedua adalah pengolahan data, yaitu mempersiapkan data dengan format yang siap dieksekusi. Tahap ketiga adalah penyelesain masalah menggunakan association rule algoritma apriori. Tahapan association rule ini menggunakan 2 langkah, yaitu mencari frequent itemset dengan algoritma apriori dan mencari frequent pattern sebagai rule. Tahap terakhir adalah perancangan sistem menggunakan sysflow serta pembangunan sistem berbasis web dan evaluasi sistem. Analisis dengan input minsup=1-2% dan minconf=30-50% menghasilkan pola pembelian bersama dengan rule yang berisi ATK (Alat Tulis Kantor). Sedangkan pembelian bersama terhadap buku memang cukup rendah (minsup=0.2%). Namun, masih terlihat beberapa keterkaitan antar barang dimana terdapat 4 rule yang memiliki keterkaitan lebih dari 30%. Dan juga terdapat terdapat 41 rule yang memiliki keterkaitan antara 10%-30%. Rule-rule dari hasil mining tersebut dapat dijadikan untuk strategi pemasaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK ST.SI.15/15 Feb p | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Data Mining, Association rule, Apriori | |||||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures | |||||||||
Divisions: | 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Dwi Prihastuti | |||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2015 12:00 | |||||||||
Last Modified: | 27 Feb 2020 02:29 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27927 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |