PERANCANGAN DAN PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM PADA HOTEL X

ERNA WAHYUNIARTI, 040610381 (2012) PERANCANGAN DAN PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM PADA HOTEL X. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-wahyuniart-26149-5.abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
2830.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tingkat persaingan Hotel selama ini makin ketat. Hal ini dikarenakan pemerintah telah mendukung pariwisata daerah dengan mencanangkanVisit East Java 2011 untuk menunjang pendapatan daerah di sektor pariwisata. Hal tersebut tidak terlepas dengan keberadaan hotel. Untuk menghadapi persaingan dengan Hotel lain maka perlu adanya pengukuran kinerja yang terintegrasi seperti Performance Prism yang dapat mencakup semua stakeholder dengan memperhatikan kepuasan stakeholder,strategi, kontribusi stakeholder, proses dan kapabilitas hotel itu sendiri. Penelitian pengukuran kinerja dengan menggunakan Performance Prism tepat dilakukan di Hotel X karena selama ini pengukuran kinerja di Hotel X hanya didasarkan pada sisi finansial saja. Seharusnya pengukuran kinerja juga mencakup hal non finansial serta mencakup semua stakeholder yang terlibat. Hasil penelitian mengenai perancangan pengukuran kinerja pada hotel X diperoleh empat stakeholder diantaranya adalah konsumen, karyawan, pemerintah dan investor serta mempunyai 17 KPI ( Key Performance Indicator ). Dari stakeholder dan KPI yang didapat, selanjutnya dilakukan pembobotan dengan AHP lalu scoring dengan OMAX serta penilaian dengan Traffic Light System. Akhirnya didapat indeks produktivitas kinerja secara kese luruhan adalah sebesar 6.9834 yang mempunyai arti kinerja di Hotel X dikatakan baik meskipun masih ada.satu KPI yang ditandai warna merah dan yang berada di level sangat buruk yaitu KPI 4 serta ada empat KPI yang ditanda dengan warna kuning yang juga masih perlu perbaikan yaitu KPI 2, KPI10, KPI 13, KPI 15 . Rekomendasi perbaikan perlu dilakukan oleh Hotel X untuk meningkatkan kinerjanya. Perbaikan dilakukan pada lima KPI supaya mencapai target yang telah ditetapkan oleh pihak manajemen Hotel X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.169/12 Wah p
Uncontrolled Keywords: PERFORMANCE MEASUREMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ERNA WAHYUNIARTI, 040610381UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorINDRIANAWATI USMAN, Dr. S.E., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 29 Oct 2012 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 19:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2830
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item