SINTESIS DAN KARAKTERISASI RESIN AKRILIK DENGAN PENAMBAHAN SERAT UHMWPE (ultra high molecular weight polyethilene) SEBAGAI BASIS GIGI TIRUAN

Ika Fauziyatus Silfiana, 081013084 (2014) SINTESIS DAN KARAKTERISASI RESIN AKRILIK DENGAN PENAMBAHAN SERAT UHMWPE (ultra high molecular weight polyethilene) SEBAGAI BASIS GIGI TIRUAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-silfianaik-34914-6.ABSTRAK.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-silfianaik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Basis gigi tiruan adalah bagian dari suatu gigi tiruan yang bersandar pada jaringan pendukung dan tempat anasir gigi tiruan diletakkan. Telah dilakukan penelitian yang berjudul Sintesis dan Karakterisasi Resin Akrilik dengan Penambahan Serat UHMWPE (ultra high molecular weight polyethylene) sebagai Basis Gigi Tiruan. Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis resin akrilik dengan penambahan serat UHMWPE dan membuktikan ukuran terbaik serat UHMWPE terhadap resin akrilik sebagai basis gigi tiruan. Variasi ukuran panjang serat UHMWPE yang digunakan adalah 0 mm, 2 mm, 4 mm, 6 mm, dan 8 mm dan lebar serat 2 mm. Karakterisasi yang dilakukan adalah uji Fourier Transform Infra Red (FTIR), porositas (porosity), densitas (density), kuat tekan (compressive strength) dan kekerasan (Vickers hardness). Hasil yang didapat pada penelitian FTIR menunjukkan bahwa terdapat gugus fungsi vinil dengan bilangan gelombang 750,13 cm-1 dan metil dengan bilangan gelombang 2845,51 cm-1 pada material basis gigi tiruan campuran resin akrilik dan serat UHMWPE. Hal ini terjadi karena adanya vibrasi yang mengakibatkan perubahan panjang ikatan molekul dari gugus fungsi tersebut. Hasil uji porositas didapat nilai terbaik sebesar 1,695 %, uji densitas tertinggi sebesar 1,177 gram/cm3, uji kuat tekan tertinggi sebesar 67,615 MPa dan uji kekerasan tertinggi sebesar 17,1 kgf/mm2. Dari hasil keseluruhan data menunjukkan bahwa variasi panjang serat UHMWPE dengan lebar 2 mm mempengaruhi sifat fisis dan mekanik berdasarkan referensi maupun dari sampel kontrol (tanpa penambahan serat) untuk bahan basis gigi tiruan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. MPF. 19-14 Sil s
Uncontrolled Keywords: DENTAL PROTHESE; ACRYLIC RESIN
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
Ika Fauziyatus Silfiana, 081013084UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiswanto, Drs. M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorPrihartini Widiyanti, Dr.drg, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Jan 2015 12:00
Last Modified: 17 Jul 2017 00:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28466
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item