Analisis Kestabilan Model Matematika Interaksi Antara Dua Spesies Mangsa dan Pemangsa dengan Adanya Faktor Daya Dukung Lingkungan

Walid Jumblatt Gereta, 080710327 (2014) Analisis Kestabilan Model Matematika Interaksi Antara Dua Spesies Mangsa dan Pemangsa dengan Adanya Faktor Daya Dukung Lingkungan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-geretawali-35127-6.ABSTRAK.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-geretawali-35127-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Predasi merupakan interaksi antara mangsa dan pemangsa dalam suatu ekosistem. Hubungan antara mangsa dan pemangsa ini sangat penting bagi keberlangsungan rantai makanan yang dipengaruhi juga oleh adanya faktor daya dukung lingkungan yang mendukung keberlangsungan hidup tiap-tiap populasi. Interaksi ini pada posisi ideal jika terjadi kestabilan yaitu jumlah populasi tidak habis sehingga interaksi tetap ada. Tujuan skripsi adalah menganalisis kestabilan titik setimbang dari dua tipe model interaksi antara predator-prey dengan adanya faktor daya dukung lingkungan. Model predator-prey tipe pertama memiliki tiga titik setimbang yakni titik setimbang kepunahan yang tidak stabil asimtotis, kepunahan predator yang stabil asimtotis jika tingkat kematian alami pemangsa lebih besar dari tingkat pertumbuhannya akibat predasi, dan kedua spesies hidup berdampingan yang cenderung stabil asimtotis. Model predator-prey tipe kedua memiliki empat titik setimbang yakni titik setimbang kepunahan yang tidak stabil asimtotis, kepunahan predator yang stabil asimtotis, dan titik setimbang ketiga dan keempat spesies hidup berdampingan yang cenderung stabil asimtotis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. MPM. 50-14 Ger a
Uncontrolled Keywords: MATHEMATICAL MODEL
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
Walid Jumblatt Gereta, 080710327UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorImam Utoyo, Dr. Moh. M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorFatmawati, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 29 Jan 2015 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 03:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28506
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item